Teheran (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 6,1 skala Richter (SR) mengguncang wilayah di dekat kota suci Syiah Mashhad di Iran pada Rabu menurut laporan media setempat.

Belum dapat diketahui apakah gempa pukul 10.39 di daerah Sepid Sang, sekitar 80 kilometer dari Mashhad, tersebut menelan korban atau menyebabkan kerusakan.

"Mengerikan. Menimbulkan banyak suara bising. Semuanya bergoyang," kata seorang warga Mashhad kepada AFP melalui telepon.

Gempa yang menurut Survei Geologi Amerika Serikat (U.S. Geological Survey/USGS) terjadi 76 kilometer di timur-tenggara kota pada kedalaman 33 meter itu menewaskan sedikitnya satu orang dan menyebabkan beberapa orang terluka menurut warta kantor berita Reuters.

Gubernur setempat mengatakan di stasiun televisi pemerintah bahwa gempa itu mengguncang satu wilayah luas.

Kantor berita pemerintah IRNA mengutip juru bicara layanan darurat Mojtaba Khaledi yang mengatakan khawatir korban di desa-desa dan kota kecil mungkin besar.

Tim Bulan Sabit Merah dan layanan darurat sudah dikerahkan ke area bencana, katanya.

Seorang pejabat Bulan Sabit Merah dikutip media pemerintah mengatakan seorang tewas di satu desa dekat kota Fariman dan sedikitnya ada empat orang yang terluka.

Iran berada di garis patahan utama dan sering dilanda gempa bumi.  Tahun 2003 gempa bumi menewaskan sedikitnya 31 ribu orang dan menghancurkan kota bersejarah Bam di tenggara negara tersebut. (hs)

Catatan editor: penambahan informasi mengenai korban gempa dilakukan Rabu pukul 15.30 WIB.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017