Solo (ANTARA News) - Career Development Center Universitas Sebelas Maret Surakarta menggelar "UNS Solo Job Fair Ke-15 2017" di Auditorium UNS Solo, Rabu hingga Kamis (6/4).

Acara UNS Solo Job Fair yang dihadiri ribuan orang pelamar pekerjaan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III Prof. Darsono, mewakili Rektor UNS Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. yang berhalangan hadir.

Menurut Wakil Rektor III Prof. Darsono, UNS selalu berkomitmen menjembati alumni untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, UNS bekerja sama dengan mitra kerja dan perusahaan dan Job Fair merupakan puncak terakhir ke dunia pekerjaan.

Darsono menyebutkan ada 32 mitra kerja dan perusahaan akan memberikan kesempatan kepada alumni untuk mendapatkan pekerjaan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mencapai kesejahteraan yang keadilan bersosial," kata Darsono.

Ketua Career Development Center (CDC) UNS Dr. Kusnandar mengatakan bahwa kegiatan UNS Solo Job Fair merupakan salah satu program utama CDC yang pelaksanaannya secara rutin selama dua kali dalam setahun.

Menurut Kusnandar, selain Job Fair kegiatan atau layanan rutin CDC UNS, antara lain, "tracer study", "tracer user", "rekruitmen", "early recruitmen program", fasilitasi magang luar negeri, "prejob training", seminar karier dan klinik konsultasi karier yang dipandu oleh Tim Psikologi UNS.

Ketua Panitia UNS Solo Job Fair 2017 Agung Wibowo menjelaskan bahwa tujuan kegiatan tersebut mempertemukan alumni dengan pengguna lulusan sekaligus membangun kesinambungan kerja sama dengan perusahaan mitra UNS yang jumlahnya lebih dari 1.000 perusahaan agar tetap berkelanjutan.

UNS Solo Job Fair kali ini, kata dia, diikuti sebanyak 32 perusahaan sesuai dengan kapasitas maksimal auditorium yang terdiri atas BUMN dan perusahaan swasta yang bergerak di bidang industri, konstruksi, jasa, dan perbankan.

Menurut Agung, selama kegiatan Job Fair akan ada talk show dari beberapa perusahaan dan wawancara langsung untuk para pelamar kerja.

"Kegiatan ini gratis. Selain untuk alumni UNS, juga terbuka untuk masyarakat umum yang memiliki ijazah minimal S-1 atau D-3 dari berbagai program studi," kata Agung.

Adapun caranya, pengunjung atau pelamar pada UNS Solo Job Fair registrasi melalui "www.cdc.unc.ac.id" secara gratis. Selanjutnya, dicetak sebagai tiket masuk.

(B018/D007)

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017