Pulau Punjung (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), pada 2017 mulai merancang sistem pemerintah berbasis aplikasi internet dalam upaya menerapkan terselenggaranya pemerintah yang terbuka, bersih, dan baik.

"Pemanfaatan teknologi informasi merupakan media yang tepat untuk menerapkan e-government, tentunya dengan menyesuaikan dengan kondisi saat ini," kata Asisten II Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial setempat, Adlisman di Pulau Punjung, Sumbar, Rabu.

Ia mengatakan mengacu pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, sebagai badan publik pemerintah daerah wajib menyelenggarakan keterbukaan informasi secara mudah, murah, dan efektif.

Oleh karena itu, sebutnya penyelenggaraan pemerintah menggunakan aplikasi internet, seperti perencanaan (e-planing), penganggaran (e-budgeting), pelaksanaan, dan pengawasan akan segera diterapkan di Kabupaten Dharmasraya.

"Tahun ini sebagai langkah awal kami mulai menyosialisasikan pemanfaatan teknologi informasi ke seluruh SOPD, camat, dan penyelenggara pemerintah tingkat nagari," katanya

Ia menilai melalui keterbukaan informasi publik akan mampu meningkatkan komitmen dan etos kerja ASN, sehingga impian mewujudkan Dharmasraya menjadi daerah "Smart City" di 2020 dapat tercapai.

"Target akhir kita Dharmasraya menjadi Smart City 2020 nanti," ujar dia.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Dharmasraya, Hendri menambahkan, pada 2017 mulai membangun menara telekomunikasi di setiap kantor Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Di samping sosialisasi, pembangunan infrastruktur jaringan juga dimulai tahun ini, ujarnya.

Menurutnya jika setiap kantor SOPD memiliki koneksi jaringan yang baik akan memudahkan segala pengurusan administrasi yang dilakukan pejabat seluruh instansi daerah itu.

Ia mengatakan pihaknya tahun ini menargetkan pembangunan jaringan itu selesai di 15 kantor SOPD, sedangkan seluruh kantor hingga camat dan wali nagari akan dilakukan secara bertahap.

(T.KR-AGP/E005)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017