Pontianak (ANTARA News) - Harga cabai rawit di sejumlah pasar yang ada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, sudah kembali normal dan hal itu dapat terlihat di antaranya di Pasar Flamboyan Pontianak Rp70 ribu perkilogram.

"Harga cabai rawit lokal sudah normal seperti sedia kalanya, yakni rata-rata yang menjual Rp70 ribu perkilogram. Harganya normal karena pasokan cabai rawit sudah banyak," ujar satu di antara Pedagang Pasar Flamboyan, Hayan di Pontianak, Rabu.

Hayan menjelaskan, untuk harga cabai rawit dari Pulau Jawa bahkan jauh lebih murah. Perkilogramnya saat ini ada yang menjual Rp50 ribu.

"Turunnya harga cabai di Pontianak sedikit-sedikit. Intinya kalau stok banyak seperti ini maka harga normal," kata dia.

Ia menambahkan, untuk daya beli masyarakat terhadap cabai saat ini sudah meningkat seiring harga normal.

"Biasanya ketika harga cabai mahal orang beli satu dua ons. Sekarang sudah ada yang beli pakai kilogram karena memang lebih murah sekarang," katanya.

Sementara untuk kebutuhan pokok lainnya di Pasar Flamboyan Pontianak, seperti telor ayam, gula dan bawang merah yang rentan terhadap fluktasinya harga saat ini masih stabil. Hanya saja untuk ayam pedaging, semula Rp22 ribu perkilogram kini ada kenaikan menjadi Rp26 ribu perkilogram.

(U.KR-DDI/S023)

Pewarta: Dedi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017