Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyatakan akan membuat soal yang lebih sederhana untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Soal untuk UNBK SMK susulan akan dibuat lebih sederhana dibandingkan sebelumnya, sehingga lebih mudah diakses dan diunduh," kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Nizam, di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan pada pelaksanaan UNBK SMK hari terakhir sebagian siswa menghadapi kendala dalam mengerjakan soal mata pelajaran teori kejuruan, antara lain kesulitan dalam mengunduh soal.

Nizam mengatakan hal itu  terjadi karena pada hari terakhir Ujian Nasional SMK ada 169 jurusan sekolah kejuruan dengan dua macam kurikulum (2006 dan 2013), sehingga total ada 338 macam ujian.

Baca juga: (Usai ujian server langsung ditutup, soal UNBK tidak bisa diretas)

Baca juga: (Soal UNBK tak terbaca di komputer sejumlah SMK)

"Beberapa di antara mata pelajaran itu soalnya lebih kompleks, pakai animasi, video, dan sebagainya. Nah ada sekolah-sekolah yang perangkat lunak dan kerasnya tidak dapat menjalankan soal-soal semacam itu," kata dia.

Solusinya, murid-murid SMK yang mengalami kendala teknis tersebut akan mengikuti ujian susulan tingkat SMK pada Mei.

Namun Nizam yakin persoalan seperti itu tidak akan menimpa siswa SMA yang akan melaksanakan UN pada Senin (10/4).

"Soal untuk tingkat SMA lebih umum dan tidak ada video animasi. Sehingga diharapkan tidak mengalami masalah seperti itu lagi," kata Guru Besar di Universitas Gadjah Mada itu.

Pewarta: Indriani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017