Alhamdulillah saya bangga dengan mereka semua karena mampu menjadi juara. Untuk meraih prestasi ini butuh perjuangan
Jakarta (ANTARA News) - Tim bola voli putri Mabes AU dan tim putra PBVAD menjuarai kejuaraan Danjen Kopassus-BNI Open Volleyball 2017 setelah pada pertandingan final di gedung Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat menang atas lawan-lawannya.

Mabes AU yang dimotori oleh pevoli putri yang sudah malang melintang pada kompetisi bola voli tertinggi di Tanah Air, Novriali Yami, mampu menang meyakinkan 3-1 atas PBVAD dengan skor 20-25, 25-17, 25-18 dan 25-20.

Meski menang, Mabes AU sempat mendapatkan tekanan pada set pertama. Terbukti tim yang diasuh oleh Ansori harus mengakui keunggulan lawan. Namun, set-set berikutnya Yami dan kawan-kawan bermain cukup tenang meski terus mendapatkan teror dari suporter PBVAD yang menguasai gedung.

Dengan kemenangan ini, tim Mabes AU berhak mendapatkan tropi emas serta hadiah uang pembinaan sebesar Rp25 juta. Penyerahan tropi ini dilakukan langsung oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI Madsuni.

Jika di sektor putri pertandingan relatif cepat, kondisi berbeda terjadi pada kelompok putra. Pertandingan yang disaksikan langsung oleh KASAD Jenderal TNI Mulyono harus berlangsung lima set. Hal tersebut terjadi karena kedua tim sama-sama ngotot sejak awal untuk merebut kemenangan.

PBVAD yang mayoritas diperkuat personel TNI AD ini mampu menyentak pada set pertama karena mampu unggul 25-20. Namun, pada set kedua harus mengakui keunggulan Kopassus yang pada pertandingan ini diperkuat pemain nasional, Rudy Tirtana dengan skor 19-25.

Pada set ketiga, PBVAD mampu bangkit dan merebut kemenangan dengan skor 25-23. Namun, pada set keempat harus kembali menyerah dari Kopassus dengan skor ketat 24-26. Pada set penentuan, PBVAD lebih percaya diri karena langsung unggul jauh dan memenangi pertandingan dengan skor 15-5 atau unggul 3-2.

Sontak, apa yang diraih oleh PBVAD ini langsung mendapatkan apresiasi dari KASAD Jenderal TNI Mulyono yang pada kesempatan tersebut berkenan memberikan tropi emas serta piala bergilir Danjen Kopassus-BNI Open Volleyball 2017.

"Alhamdulillah saya bangga dengan mereka semua karena mampu menjadi juara. Untuk meraih prestasi ini butuh perjuangan. Saya melihat mereka berlatih sungguh-sungguh. Jadi wajar jika mereka menjadi juara," kata KASAD Jenderal TNI Mulyono seusai penyerahan tropi.

Dengan prestasi yang diraih oleh PBVAD, ia meminta kepada jajaran pelatih dan pemain untuk terus menempa diri dan bersiap untuk menghadapi kejuaraan-kejuaraan berikutnya.

"PBVAD harus turun pada setiap pertandingan. Untuk tim putri jangan berkecil hati. Kekalahan pada turnamen ini ada kemenangan yang terunda. Ayo kejar di kejuaraan-kejuaraan berikutnya," katanya menambahkan.

Selain menjadi juara pada sektor putra dan runner up di sektor putri, PBVAD juga menempatkan dua pemainnya yaitu Febrianto dan Vina menjadi pemain terbaik pada kejuaraan tersebut. Pemain ini selain mendapatkan tropi juga mendapatkan hadiah uang pembinaan.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017