Shanghai (ANTARA News) - Sesi latihan bebas GP Formula Satu di Shanghai, China, ditunda menyusul cuaca buruk berupa awan tebal yang menyelimuti sirkuit sehingga para pebalap kesulitan menyelesaikan sesi latihan pada Jumat.

Pihak penyelenggara pun mengambil keputusan untuk menunda sesi latihan bebas kedua setelah latihan bebas pertama juga dihentikan karena awan tebal dan cuaca berkabut yang membahayakan keamanan pebalap.

"Pada saat ini helikopter tidak bisa mendarat di rumah sakit,” jelas Charlie Whiting direktur perlombaan FIA dilansir dari situs resmi Formula 1 saat penundaan itu berlangsung, Jumat.

"Ini terlihat wajar di sirkuit, tetapi mereka tidak dapat mendarat di pusat kota Shanghai. Kami mendapatkan berita dari bandara setiap 10 menit," lanjut dia.

"Jika belum ada kejelasan maka tidak akan ada latihan, kesimpulan akhir kami tetap dan jika tidak ada kejelasan maka tidak akan ada P2," kata dia.

Dengan cuaca buruk ini, maka para pebalap dan tim belum menjalani set-up, atau simulasi balapan yang biasa digelar setiap Jumat. Adapun sesi kualifikasi pun belum ditentukan waktunya.

(Baca juga: Tahun ini, Malaysia gelar Grand Prix Formula Satu terakhir kalinya)

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017