Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memastikan akan menolak permintaan dua kesebelasan sepak bola dalam satu liga yang sama untuk berkandang di Stadion Patriot Chandrabaga.

"Kalaupun izin akhirnya diberikan, kami tidak akan menerima permohonan dari Bhayangkara FC dan Persija sekaligus. Sebab tidak mungkin dua tim dari Liga 1 memiliki markas yang sama," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi M Ridwan di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, saat ini sebanyak empat tim sepak bola di Tanah Air tengah melirik Stadion Patriot Chandrabaga untuk dijadikan kandang selama mengarungi kompetisi PSSI tahun 2017.

Tim yang sudah menyampaikan keinginannya bermarkas di Stadion Patriot Candrabhaga di antaranya dari kompetisi Liga 1 yakni Persija Jakarta dan Bhayangkara FC, serta dari Liga Nusantara Patriot Chandrabaga dan Jakarta FC.

Dikatakan Ridwan, peluang besar saat ini dimiliki kesebelasan Patriot Chandrabaga sebagai klub daerah Kota Bekasi yang baru dibentuk pada Rabu (5/4) untuk menjadikan stadion seharga Rp450 miliar itu sebagai kandang.

"Kalau Jakarta FC berlaga di Liga Nusantara bersama Patriot Candrabhaga FC, tentu tim tuan rumah yang akan diprioritaskan berkandang di Stadion Patriot Candrabhaga," katanya.

Sementara dari kompetisi Liga 1, Persija Jakarta dan Bhayangkara FC hingga kini masih dipertimbangkan oleh pihaknya karena mereka tergabung dalam satu liga.

"Namun dari kedua klub tersebut, baru Bhayangkara FC yang sudah diproses permohonannya. Sementara Persija belum diseleksi lebih lanjut, meskipun pada Rabu (5/4/2017) malam telah melakoni laga uji coba melawan Timnas U-22 di Stadion Patriot Candrabhaga," katanya.

Ridwan mengatakan, proses pemberian izin penggunaan Stadion Patriot Candrabhaga tidak semata mengacu pada keinginan tim yang memohon, akan tetapi kesiapan sejumlah komponen turut menjadi pertimbangan.

"Misalnya kemampuan pengamanan dari kepolisian, kesiapan pendukung tim menjaga dan merawat gedung stadion berikut fasilitas penunjangnya, serta yang tak kalah penting turut diperhatikan juga kesiapan warga Kota Bekasi menerima kehadiran tamu yang nantinya berkandang di Stadion Patriot Candrabhaga," katanya.

Untuk menilai kesiapan sejumlah komponen tersebut, Ridwan banyak mendapat gambaran sebagai bahan evaluasi dari penyelenggaraan laga Timnas U-22 versus Persija kemarin.

"Itu sangat membantu kami mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum mengeluarkan izin. Yang pasti keputusan akan ditetapkan segera karena kick off Liga 1 akan bergulir dalam beberapa hari mendatang," katanya.

Demikian pula dengan permohonan Jakarta FC yang juga ingin berkandang di Stadion Patriot Candrabhaga, keputusannya akan ditentukan kemudian oleh Wali Kota Bekasi.*

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017