Solo (ANTARA News) - Tim putra Palembang Bank SumselBabel berhasil mengalahkan Jakarta BNI Taplus dengan skor 3-0 (25-19, 25-19, dan 31-29) pada pertandingan babak empat besar Proliga 2017 di Gedung Olahraga Sritex Arena Solo, Jumat malam.

Tim Palembang Bank SumselBabel melawan Jakarta BNI Taplus yang mengawali pertandingan final empat besar yang disaksikan ribuan penonton berjalan cukup imbang dan ketat, karena keduanya ingin merebut poin untuk dapat lolos ke babak selanjutnya.

SumselBabel yang diperkuat dua pemain asingnya yakni Evandro Dias Sauza dan Carlos Alberto Araujo bermain taktis, sehingga mendukung timnya untuk lebih unggul dari tim lawan.

SumselBabel dengan kapten tim Aji Maulana pada set pertama terus melakukan tekanan melalui servis-servis smash tajam yang dilakukan oleh kedua pemain asingnya, sehingga poin demi poin dikumpulkan untuk menyelesaikan lawan BNI.

SumselBabel pada set pertama mampu unggul dengan 25-19. Bahkan, Sumselbabel mengulang suksesnya diset kedua dengan poin sama 25-19.

SumselBabel memasuki set ketiga mendapat perlawanan ketat BNI yang diperkuat pemain asingnya Domotor Meszaros dan sarmoz Nenad. Namun, tajamnya serangan putra SumselBabel masih sulit ditahan dengan sempurna.

Bahkan, SumselBabel yang melakukan servis smas yang dilakukan oleh Evandro Dias Sauza dan Carlos Alberto Araujo sering sulit dikembalikan dengan sempurna pemain BNI. Sebaliknya, BNI dengan melancarkan smas bola pendek juga sering menghasilkan poin.

Pada set ketiga ketika kedudukan sama kuat 24-24 baik SumselBabel maupun BNI bermain hati-hati mendapatkan poin. Namun, SumselBabel akhirnya mengakhiri set ketiga dengan 31-28, sehingga kedudukan 3-0.

Pelatih Palembang Bank SumselBabel Samsul Jais mengatakan timnya pada set pertama dan kedua memang banyak mendapat poin dari hasil servis smas yang dilakukan Evandro dan Araujo. Servis mereka sering mendapatkan poin demi poin, dan lawan kurang konsentrasi untuk mengembalikan bola dengan sempurna.

Namun, kata Samsul, pada set ketiga timnya mendapat perlawan BNI, karena servis smas mulai berkurang atau menurun.

"Kami akhirnya menang atas BNI. Kemenangan ini, dapat untuk modal lebih percaya diri untuk menghadapi pertandingan selanjutnya melawan Jakarta Pertamina Energi, pada Sabtu (8/4)," kata Samsul usai pertandingan.

Pelatih Jakarta BNI Taplus Teddy Hidayat mengatakan timnya sudah bermain bagus untuk mengimbangi tim SumselBabel. Namun, BNI memang masih banyak yang harus dibenahi untuk pertandingan selanjutnya.

"Kami pada pertandingan kedua melawan Surabaya Bhayangkara Samator. Lawan Samator akan lebih berat lagi, tetapi anak-anak diminta bermain lepas," kata Teddy.

Sementara di GOR Sritex Arena Solo, hingga berita ini diturunkan masih berlangsung pertandingan tim putra Surabaya Bhayangkara Samator melawan Jakarta Pertamina Energi dengan kedudukan 22-25 dan 18-25 untuk Pertamina.

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017