Padang (ANTARA News) - Sebanyak 59 mahasiswa Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Andalas (Unand) Padang, belajar jurnalistik di Kantor Berita Indonesia Antara Biro Sumatera Barat.

Dosen Mata Kuliah Jurnalistik FISIP Unand, Revi Marta di Padang, Selasa mengatakan kunjungan lapangan tersebut merupakan tambahan pembelajaran mahasiswa agar lebih paham dengan melihat langsung ke LKBN Antara Sumbar.

"Ketika belajar di kampus hanya bercerita mengenai teori dan konsep namun dengan adanya kunjungan ke lapangan ini dapat menambah wawasan mahasiswa," katanya.

Ia mengatakan setiap semester memang ada agenda rutin untuk mahasiswa melakukan kunjungan lapangan dan rekomendasi tempat yang paling diprioritaskan yakni LKBN Antara Biro Sumbar.

LKBN Antara Biro Sumbar, ujarnya selama ini dinilai telah memberikan informasi yang berimbang dan tidak memihak serta jaringan yang luas.

Revi berharap dengan adanya kunjungan lapangan oleh mahasiswa ini dapat berjalan secara berkelanjutan sehingga ilmu praktek juga didapat oleh mahasiswa.

Sementara Koordinator Liputan LKBN Antara Sumbar, Ikhwan Wahyudi mengatakan kesempatan ini merupakan momen yang baik untuk mahasiswa belajar langsung bagaimana lahirnya sebuah berita.

"Apalagi sekarang sudah banyak jurusan yang memiliki mata kuliah jurnalis," ujarnya.

Redaktur Senior portal berita Antara Sumbar, Mukhlisun mengatakan dengan adanya kegiatan kuliah lapangan ini mahasiswa dapat melihat langsung bagiamana proses pembuatan berita sehingga nantinya juga termotivasi untuk lebih giat membaca berita dan memiliki pola pikir yang terbuka.

"Salah satu fungsi dari keberadaan media yakni dapat berdaya guna bagi masyarakat," katanya.

(T.KR-MKO/M019)

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017