Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan para dokter senior dan profesor kedokteran untuk memberi contoh pada dokter muda agar lebih terlibat dalam pendidikan dan penelitian.

"Kita harapkan dokter yang sudah tua dan sudah profesor, yang sudah tidak kuat berdiri di meja operasi terlalu lama, untuk lebih terlibat dalam riset agar memberikan teladan pada yang muda-muda," kata Wapres dalam peresmian Institut Pendidikan dan Penelitian Kedokteran (IMERI) di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Rabu.

Menurut Wapres, saat ini banyak ahli dan peneliti Indonesia yang memilih tinggal di luar negeri karena merasa risetnya tidak difasilitasi di Indonesia.

"Banyak ahli kita lebih pilih tinggal di luar negeri karena tidak ada fasilitas di dalam negeri, tidak ada yang salah dengan itu, tapi manfaatnya akan berbeda jika mereka di Indonesia," kata dia.

Oleh karena itu, Wapres berharap para dokter senior dan profesor untuk menyemangati dan memfasilitasi para peneliti di bidang kedokteran dan kesehatan, salah satunya melalui pemanfaatan IMERI yang dikelola Fakultas Kedokteran UI.

Wapres menambahkan, pelayanan kesehatan sangat diperlukan masyarakat, namun itu perlu terus ditingkatkan melalui pendidikan dan penelitian.

"Harapan kita adalah tentu dokter-dokter kita melayani masyarakat, tapi perlu ada yang fokus pada penelitian," ujarnya.

Wapres hadir untuk meresmikan IMERI Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta, Rabu, didampingi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, Rektor UI Prof Muhammad Anis, dan Dekan FKUI Dr dr Ratna Sitompul.


Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017