Meskipun akuisisi masih belum rampung, tapi Pemkot Bekasi sudah ingin fokus mengembangkan PDAM Tirta Patriot yang memang didirikan untuk melayani warga Kota Bekasi."
Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memutuskan untuk menghentikan dana penyertaan modal di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi Bekasi mulai 2017.

"Langkah tersebut dilakukan karena Pemkot Bekasi ingin fokus pada pengembangan PDAM Tirta Patriot sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)," kata Asisten Daerah III Kota Bekasi Dadang Hidayat di Bekasi, Rabu.

Dadang mengatakan, keputusan penghentian kucuran modal juga berkaitan dengan proses akuisisi perusahaan yang dimiliki bersama Pemkot Bekasi dan Pemerintah Kabupaten Bekasi yang saat ini tengah berlangsung.

"Meskipun akuisisi masih belum rampung, tapi Pemkot Bekasi sudah ingin fokus mengembangkan PDAM Tirta Patriot yang memang didirikan untuk melayani warga Kota Bekasi," katanya.

Menurut dia, dana penyertaan modal pun akan dialihkan pihaknya kepada PDAM Tirta Patriot.

"Sementara di PDAM Tirta Bhagasasi, justru tengah dihitung aset-aset Pemkot Bekasi untuk keperluan akuisisi nanti," katanya.

Dikatakan Dadang, porsi saham Pemkot Bekasi di PDAM Tirta Bhagasasi saat ini sebesar 40:60 dengan kepemilikan Pemkab Bekasi.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirta Bhagasasi Slamet Supriadi yang ditunjuk sebagai perwakilan dari Pemkab Bekasi mengaku tidak mempermasalahkan keputusan penyetopan modal yang diambil Pemkot Bekasi.

"Keputusannya dapat dipahami karena memang saat ini PDAM Tirta Bhagasasi tengah beproses menuju pemisahan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017