Untuk apa? Ini adalah status hukum hak tanah yang bapak ibu harus pegang harus terima."
Cirebon (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan penyerahan sertifikat hak atas tanah kepada 1.989 perwakilan yang hadir di Stadion Ranggajati, Kota Cirebon, Jawa Barat, yang bertujuan untuk memperkuat status hukum lahan dan ekonomi masyarakat.

"Target kita untuk pembagian sertifikat ini bukan angka yang kecil. Dulu kalau se-Indonesia dari Sabang sampai Merauke setahun paling banyak 400.000 sampai 500.000, sekarang targetnya tahun ini 5 juta sertifikat harus diberikan," kata Presiden dalam sambutannya di Stadion Ranggajati saat penyerahan sertifikat hak atas tanah program strategis nasional dan fasilitasi, Kamis.

Sejumlah kabupaten dan kota yang mendapatkan sertifikat tersebut adalah Kabupaten Kuningan 813 sertifikat, Kabupaten Cirebon 455 sertifikat, Kabupaten Indramayu 65 sertifikat, Kabupaten Majalengka 74 sertifikat, Kota Cirebon 43 sertifikat, Kabupaten Ciamis 100 sertifikat, Kota Tasikmalaya 120 sertifikat, Kabupaten Tasikmalaya 85 sertifikat, Kota Banjar 100 sertifikat, Kabupaten Subang 100 sertifikat, dan Kabupaten Pangandaran 44 sertifikat.

Presiden Jokowi mengatakan untuk target Jawa Barat pada 2017 akan diberikan 370.000 sertifikat.

"Jangan dipersulit. Tahun depan 500.000 di Jawa Barat harus diberikan. Untuk apa? Ini adalah status hukum hak tanah yang bapak ibu harus pegang harus terima," ujar Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan kepada masyarakat yang hendak mengagunkan sertifikat hak tanahnya ke bank untuk mendapatkan modal agar mengkalkulasi dengan efektif.

Dana yang didapat, menurut Presiden, bisa digunakan untuk menambah modal usaha menggerakkan ekonomi keluarga.

"Jadi, jangan sampai, sekali lagi, hak hukum atas tanah yang namanya tanda bukti hak, yang namanya sertifikat itu harus bermanfaat," tutur Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan RI itu.

Sebelumnya, Presiden juga menyaksikan penyerahan sertifikat tanah kepada 1.998 bidang tanah saat acara di Graha Batununggal Indah, Bandung.

Presiden melakukan kunjungan kerja di Jawa Barat yaitu di Kota Bandung dan Kota Cirebon selama dua hari sejak Rabu.

Pada Kamis sore, Presiden Jokowi juga menyaksikan pembagian bantuan sosial di Sport Hall Bima Jalan Karya Mulia, Kesambi, Kota Cirebon melalui pemberian Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat, Pemberian Makanan Tambahan dan Program Keluarga Harapan.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017