Solo (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta telah menyediakan kereta api tambahan Lebaran 2017, dan pemesanan tiket untuk masyarakat yang hendak mudik dapat dilayani mulai Minggu (16/4) mendatang.

Masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api, tetapi belum mendapatkan tiket kereta reguler, kini dapat bersiap-siap memesan tiket kereta tambahan Lebaran, kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, di Solo, Kamis.

"Penjualan KA tambahan Lebaran ini, akan dimulai pada Minggu (16/4), sekitar pukul 00.01 WIB," kata Eko Budiyanto.

Eko Budiyanto mengatakan ada 12 perjalanan kereta tambahan Lebaran tahun ini, yang diberangkatkan dan menuju wilayah Daop 6 Yogyakarta setiap harinya pada keberangkatan tanggal 15 Juni mendatang.

Kapasitas yang tersedia dari 12 perjalanan kereta tersebut, kata Eko Budiyanto, sebanyak 4.916 tempat duduk per hari. Nama  kereta itu antara lain Argo Lawu jurusan Solo-Gambir kapasitas 700 tempat duduk, Argo Dwipangga (Solo-Gambir) 700 seats, Taksala Pagi (Yogyakarta-Gambir) 700 seats, Taksaka Malam (Yogyakarta-Gambir) 700 seats, Lodaya (Solo-Bandung) 964 seats, Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng) 1.152 seats.

Eko Budiyanto mengatakan bagi masyarakat yang ingin memesan tiket Ka tambahan Lebaran dapat dilakukan melalui "website KAI", "aplikasi KAI Access", "Contanct Center 121", atau melalui berbagai "channel eksternal" yang telah bekerja sama dengan KAI.

Selain itu, PT KAI menegaskan server KAI, sejak hari pertama penjualan tiket Lebaran pada 17 Maret 2017 hingga sekarang tidak pernah mengalami "down", termasuk saat puncak penjualan tiket KA reguler pada 24 Maret.

Menyinggung soal pembelian tiket reguler via online, Eko Budiyanto mengingatkan untuk bisa sukses masyarakat harus memastikan koneksi Internetnya stabil selama proses pencarian tiket.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga dapat mencari alternatif tanggal atau rutenya, karena Ka tambahan Lebaran akan diluncurkan bersamaan untuk keberangkatan mulai tanggal 15 Juni hingga 6 Juli mendatang.

Masyarakat juga dapat mencari alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan Ka rute Tegal-Semarang.

"Mengakses tiket1.kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id, dan tiket3.kereta-api.co.id," kata Eko.

Bahkan, lanjut dia, masyarakat yang akan menggunakan jasa angkuta Ka dengan membeli tiket melalui "channel eksternal" baik melalui minimarket-minimarket maupun situs-situs penjualan yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017