Rabu, 20 September 2017

Dua bank Saudi digugat di AS dalam kaitan 11 September

| 6.879 Views
Dua bank Saudi digugat di AS dalam kaitan 11 September
Serangan 11 September (Reuters)
New York/Riyadh (ANTARA News) - Sekitar dua lusin perusahaan penerbit asuransi di AS yang berafiliasi kepada Travelers Cos menggugat dua bank Arab Saudi, perusahaan-perusahaan yang berafiliasi dengan keluarga Osama bin Laden, serta beberapa yayasan, dengan uang gugatan 4,2 miliar dolar AS, berkaitan dengan serangan 11 September 2001.

Gugatan yang disampaikan Rabu malam waktu AS ke pengadilan tingkat distrik di Manhattan itu adalah upaya terbaru untuk meminta entitas-entitas di Arab Saudi ikut bertanggung jawab dalam serangan itu.

Sekitar 3.000 orang tewas akibat pesawat terbang yang dibajak teroris ditabrakkan ke World Trade Center di New York, Pentagon dekat Washington, D.C. dan sebuah lapangan di Pennsylvania.

Pihak yang didugat di antaranya adalah Al Rajhi Bank, National Commercial Bank, kontraktor penerbangan Dallah Avco, Mohamed Binladin Co, Muslim World League, dan berbagai yayasan Saudi lainnya.

Mereka dituduh membantu serangan 11 September itu melalui berbagai aktivitas yang mendukung Alqaeda.

Al Rajhi sudah membantah bahwa pengadilan AS sudah berulang kali menolak gugatab serupa iutu kepada bank itu karena tidak ada kaitannya dengan terorisme dan telah beroperasi dengan mengindahkan standard normal berusaha.

Pemerintah Saudi dan tentakelnya seperti Public Investment Fund adalah pemilik saham mayoritas National Commercial Bank, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga