Palu (ANTARA News) - Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu mengatakan pemerintah daerah di kawasan Teluk Tomini akan menjadikan teluk tersebut kawasan strategis nasional.

"Sudah dideklarasikan kerja sama antarpemerintah daerah dalam pertemuan investasi berbasis lingkungan hidup atau Green Investment Meeting (GIM) di Gorontalo," kata Samsurizal di Palu, Sabtu.

Dia mengatakan kegiatan yang dipusatkan di Pentadio Resort Kabupaten Gorontalo pada Jumat (14/4) itu dihadiri 17 kepala daerah sekitar Teluk Tomini dan tiga Provinsi yakni Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Pada deklarasi itu, Samsurizal dipercayakan sebagai pembaca deklarasi.

Deklarasi itu memuat enam poin, antara lain mendorong pelaksanaan kerja sama investasi dalam kawasan Teluk Tomini dalam bentuk forum kerja sama Teluk Tomini.

Selain itu penguatan investasi hijau (green investment) di kawasan Teluk Tomini, pengembangan investasi pada berbagai sektor unggulan daerah yang meliputi perikanan, pertanian, transportasi, ekowisata bahari dan pengembangan pelabuhan secara terkoneksi dan terpadu antarwilayah di kawasan Teluk Tomini dan untuk mendorong penetapan kawasan Teluk Tomini sebagai kawasan strategis nasional bidang green investment.

Selain membacakan deklarasi kerja sama antar daerah, Bupati Samsurizal juga menanam pohon secara simbolis sebagai bentuk terjalinnya kerja sama antara daerah di kawasan Teluk Tomini.

Bupati Parigi Moutong menyatakan sangat mendukung kegiatan kerja sama antardaerah yang dilakukan dalam rangka meningkatkan investasi di bidang pertanian, perikanan, kelautan dan pariwisata.

Bupati juga mengajak seluruh kepala daerah yang lain untuk ikut mengembangkan hasil dari perhelatan Sail Tomini yang sukses digelar Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong tahun 2015 silam.

Saamsurizal mengatakan kawasan Indonesia Timur sangat ketinggalan dibanding Indonesia di kawasan barat sehingga perlu didorong percepatan pembangunannya.

"Banyak gagasan yang telah dilahirkan sejak dulu, namun aksinya belum ada," katanya.

Samsurizal berharap pertemuan itu dapat melahirkan aksi bagi daerah di kawasan Teluk Tomini.

"Sudah saatnya daerah daerah di kawasan Teluk Tomini bergerak maju, kita jangan sampai ketinggalan dengan daerah lainnya di Indonesia bagian barat," katanya.

(T.A055/A043)

Pewarta: Adha Nadjemuddin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017