Sakhir, Bahrain (ANTARA News) - Pebalap tim Mercedes asal Finlandia, Valtteri Bottas, meraih posisi pole mengungguli rekan satu timnya, Lewis Hamilton, pada sesi kualifikasi Grand Prix Bahrain di Sirkuit Sakhir, Sabtu.

Keberhasilan Bottas ternyata mendapat apresiasi dari Lewis Hamilton yang berada di posisi kedua pada sesi kualifikasi itu. Hamilton yang dikalahkan Bottas justru mengucapkan selamat dan mengatakan pebalap Finlandia itu telah bekerja lebih baik.

"Selamat yang luar biasa untuk Valtteri," kata Hamilton dilansir dari laman Formula 1, Minggu.

"Dia bekerja begitu keras dan hari ini dia lebih cepat. Dia melakukan pekerjaan yang lebih baik, saya angkat topi untuknya," lanjut Hamilton.

Hamilton mengakui penampilannya sedikit menurun pada sesi kualifikasi kali ini. "Secara keseluruhan saya sedikit turun, tapi ini sebuah pertempuran besar. Itulah bukti betapa ketatnya sesi kualifikasi," lanjut juara dunia tiga kali itu.

Di sisi lain, Bottas mengaku sangat gembira meraih posisi pole pertama dalam karirnya di ajang balap jet darat Formula 1.

"Jelas saya sangat senang, pole pertama dalam karir saya," kata Bottas. "Ini musim kelima saya di F1, jadi butuh beberapa balapan, tapi mudah-mudahan itu adalah yang pertama dari sekian banyak."

Pimpinan tim Mercedes, Toto Wolff, juga melontarkan pujian kepada Bottas dengan mengatakan penampilannnya telah meningkat jika dibandingkan balapan di Shanghai akhir pekan lalu.

"Posisi pole pertama bagi setiap pembalap di F1 adalah momentum besar,” kata Wolff. "Dia sangat kecewa setelah kejadian yang terjadi (di Shanghai) dan ia meminta maaf berkali-kali karena tim menjadi kehilangan poin, namun ia telah membayarnya kembali pada hari ini."

(Baca: Susunan start Grand Prix F1 Bahrain)

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017