Sakhir, Bahrain (ANTARA News) - Pebalap Indonesia, Sean Gelael, yang sudah ditunjuk sebagai pebalap penguji tim Formula 1 Toro Rosso, untuk pertama kalinya bakal menjajal mobil yang sebelumnya digunakan Daniil Kvyat, di Sirkuit Sakhir, Bahrain. Mobil itu Renault STR12.

"Benar. Saya akan menggunakan mobil Daniil Kvyat. Ada tahapan yang harus saya lakukan sebelum melakukan ujicoba mobil Formula 1. Jadwal langsung ketat," kata dia, dalam perbincangan dengan media di Hotel Sofitel, Bahrain, Minggu malam (16/4).

Sesuai jadwal, pebalap yang saat ini terjun di balapan Formula 1 ini akan bergabung dengan tim Toro Rosso di Bahrain selama tiga hari hingga Rabu (19/4). Untuk hari pertama, dia bakal melakukan pengenalan terhadap kendaraan yang bakal diuji berikut pendukungnya.

Baru hari berikutnya, Selasa (18/4), Sean bakal mencoba mobil Renault STR 12. Ujicoba sendiri bakal dilakukan sejak pukul 09.00 waktu setempat. Berdasarkan data yang ada, ujicoba sendiri baru akan berakhir pada pukul 18.00 WIB. Begitu juga dengan ujicoba Rabu (19/4).

Meski kurang sukses di balapan Formula 2 seri pertama Bahrain, dia bersemangat untuk segera menguji mobil Toro Rosso yang selama ini dia kenal melalui simulator. Anak pasangan Ricardo Gelael dan Rini S Bono bahkan terus melakukan komunikasi dengan manajemen Toro Rosso.


Baca juga: (Doa ibu iringi Sean Gelael balapan perdana F2)

Baca juga: (Kumpul keluarga ritual Sean jelang balapan formula)


"Siang nanti saya akan bertemu dengan tim Toro Rosso untuk melakukan persiapan. Saya akan menjalankan program sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," kata.

Sementara itu Ricardo mengakatan, sejak awal anaknya memang bakal mencoba mobil Kvyat. Tidak hanya itu. Seluruh kru dan mekanik pebalap asal Rusia akan mendukung penuh dalam ujicoba itu.

"Mobil Daniil Kvyat, bukan milik Carlos Sainz Jr. Semuanya menggunakan milik Kvyat," katanya dalam perbincangan usai balapan Formula 2 itu.

Tim Toro Rosso satu dari 10 tim yang berlaga di balapan jet darat itu. Pada balapan seri pertama di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Minggu (16/4), tim Toro Rosso menempatkan Kvyat di posisi 12 atau tertinggal satu lap dengan sang juara, Sebastian Vettel dari Ferarri.

Hasil kurang beruntung didapat pebalap lain Toro Rosso, yaitu Carlos Sainz Jr, yang gagal finis. Pada ujicoba perdana ini, Sean mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih hasil yang terbaik.

"Kita harus bermotivasi kesana (ujicoba Toro Rosso)," kata pebalap yang didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia itu.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017