Lukisan Maestro Indonesia Dipamerkan di Wisma Nusantara London

Sabtu, 12 Mei 2007 00:16 WIB | 1824 Views

London (ANTARA News) - Koleksi Kedutaan Besar Republuk Indonesia (KBRI) London, Kerajaan Inggris, berupa lukisan karya maestro, yakni Affandi, Basuki Abdullah, Sujono, Sihadi Soedarsono, dan Kartika Affandi, dipamerkan di kediaman resmi Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia di Wisma Nusantara.

Dalam pameran lukisan itu yang dimulai Kamis (10/5) malam itu juga disampaikan perkembangan lukisan di Indonesia sejak zaman Raden Saleh hingga kini oleh Helena Nyoto Feillard, kandidat doktor di bidang Sejarah Seni di "Ecole des hautes Etudes on Sciences Society", Prancis.

Dalam pameran yang dihadiri oleh para pengamat seni di Inggris, konsultan seni, kolektor, pihak museum seni, dan "Asia House" itu dipamerkan tidak kurang dari 25 lukisan yang berukuran besar, seperti lukisan karya Affandi dengan judul "Sabung Ayam" dan "Perahu di Tengah Laut", serta lukisan I Nyoman Lesung yang berjudul "Penari Bali".

Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia, Marti Natalegawa, mengatakan bahwa KBRI London menyimpan banyak koleksi lukisan yang tidak ternilai, yang selama ini terabaikan.

Diharapkannya setiap KBRI di berbagai negara dapat melakukan dokumentasi karya lukis yang dimiliki di masing- masing KBRI, dan dapat dibuatkan buku mengenai koleksi lukisan tersebut. (*)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2007

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar

Judika memaknai Jumat Agung

Judika memaknai Jumat AgungPenyanyi Judika sengaja tidak bekerja hingga tiga hari ke depan supaya bisa memaknai Jumat Agung dan Paskah."Jumat ...

Pengalaman mengadopsi Jerapah di Kenya

Pengalaman mengadopsi Jerapah di Kenya"Saya enggak cuma megang jerapah, bahkan saya cium jerapahnya juga," kata Satrio Wicaksono, saat menceritakan ...

Judika siapkan album baru

Judika siapkan album baruPenyanyi Judika kini sedang mempersiapkan albumnya yang terbaru, yang merupakan albul kelimanya.Tahun lalu Judika ...