Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo membahas perkembangan persiapan Asian Games XVIII yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan. Dia menekankan penyelesaian infrastruktur dan promosi perhelatan.

"Saya ingin agar momentum Asian Games 2018 ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa," kata dia, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pemerintah perlu terus memeriksa perkembangan pembangunan arena olahraga, infrastruktur transportasi serta wisma atlet.

Terkait kesiapan infrastruktur, Jokowi meminta pembangunan tersebut tidak hanya disiapkan untuk perhelatan Asian Games semata.

"Kita membangun infrastruktur itu juga untuk kepentingan kemajuan bangsa kita di masa depan, khususnya di bidang olahraga," ujar dia.

Selain itu, promosi terkait penyelenggaraan Asian Games 2018 juga diminta untuk lebih disiarkan guna menarik perhatian masyarakat internasional atas ajang olah raga 4 tahunan itu dan pariwisata Indonesia.

"Saya minta peluang ini ditangkap sebaik-baiknya, diintegrasikan dengan promosi untuk negara, untuk kunjungan destinasi wisata yang sudah beberapa tempat yang kita siapkan," jelas Presiden.

Jokowi juga telah menandatangani Peraturan Presiden tentang penyelenggaraan Asian Games 2018. Rencananya peraturan tersebut akan disahkan Selasa ini.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menjelaskan proses pengerjaan infrastruktur untuk pesta olahraga Asian Games secara keseluruhan mencapai sekitar 38 persen.

Untuk pembangunan infrastruktur secara keseluruhan di Jakarta sudah 46,71% dan untuk pembangunan di Palembang mencapai 17,37 persen.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017