Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pemantauan pemungutan suara pada Rabu (19/4) di lima wilayah di Jakarta, agar jika ditemukan masalah di lokasi maka langsung bisa diatasi.

"Para anggota KPU Jakarta melakukan pemantauan Pilkada, tujuannya di berbagai Tempat Pemungutan Suara di lima wilayah di Jakarta," kata Ketua KPU Jakarta Sumarno saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan tujuan pemantauan itu agar apabila ada masalah di TPS bisa langsung diatasi sehingga segera selesai.

Sumarno mengatakan masing-masing komisioner KPU akan memantau di lima wilayah di Jakarta dengan tujuan TPS-TPS, lembaga permasyarakatan, dan rumah tahanan.

"Saya kemungkinan memantau bareng Pemda DKI Jakarta, Kodam, dan Polda Metro Jaya ikut memantau ke sejumlah TPS," ujarnya.

Komisioner KPU Jakarta Betty Epsilon Idroos mengatakan pemantaun itu sebagai bentuk pengawasan terkait kesiapan di lapangan.

Menurut dia apabila komisioner menerima laporan ketidaksiapan, maka langsung menuju tempat tersebut atau mengecek "call center".

"Ini bentuk pengawasan penyelenggaraan di hari H," katanya.

Betty mengatakan dirinya akan memantau di wilayah Jakarta Selatan dan fokus di daerah yang rawan terjadi pelanggaran pemilu misalnya pada putaran pertama dirinya memantau di Apartemen Kalibata.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017