...Korea Utara sengaja main bola voli karena mereka tahu kami akan mengamati dan melaporkan tentang kegiatan tersebut...
Washington (ANTARA News) - Para pengamat Korea Utara pada Selasa (18/04) mengatakan mereka mengamati aktivitas yang tidak biasa di lokasi uji coba nuklir negara tersebut, yaitu para pekerja bermain voli.

Kelompok pemantau 38 North mengatakan citra satelit yang ditangkap pada Minggu menunjukkan personel di barak penjaga dan dua daerah lainnya di lokasi uji coba Punggye-ri sedang memainkan permainan populer tersebut.

"Itu menunjukkan bahwa fasilitas tersebut mungkin sedang dalam modus siaga," kata Joseph Bermudez, seorang ahli Korea Utara dan analis 38 North yang berbasis di Washington.

"Itu juga menunjukkan Korea Utara sengaja main bola voli karena mereka tahu kami akan mengamati dan melaporkan tentang kegiatan tersebut. Entah mereka sedang mengirimkan 'pesan' kepada kami bahwa mereka menyiagakan fasilitas itu atau mereka berusaha mengelabui kami."

38 North mengatakan pada pekan lalu Punggye-ri "prima dan siap" untuk melakukan uji coba nuklir keenamnya, kemungkinan bertepatan dengan perayaan pada Sabtu lalu yang memperingati ulang tahun pendiri rezim Kim Il-Sung.

Uji coba tersebut belum berlangsung, meskipun pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berusaha meluncurkan rudal pada Minggu yang menurut Pentagon meledak sesaat setelah peluncuran.

Punggye-ri adalah kompleks yang terdiri dari terowongan dan infrastruktur pengujian di pegunungan di wilayah timur laut Korea Utara.

(Baca juga: Korea Utara ancam uji coba rudal setiap pekan )

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017