Kamis, 27 Juli 2017

Begini tampilan rumah Rp350 juta di Jakarta

| 10.299 Views
Begini tampilan rumah Rp350 juta di Jakarta
Deretan rumah dengan luas bangunan 24 meter persegi dan tanah 36 meter persegi yang dijual dengan harga di bawah Rp 350 juta di Jakarta Timur, Kamis (20/4). (ANTARA News/Alviansyah)
Jakarta (ANTARA News) - Rumah dengan harga di bawah Rp350 juta yang berlokasi di Jakarta sedang menjadi perbincangan hangat sejak pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, menjanjikan program rumah tanpa uang muka untuk hunian seharga Rp350 juta.

Antara News kemudian menelusuri sejumlah wilayah di DKI Jakarta untuk mencari adakah rumah tapak dengan harga Rp350 juta. Ternyata rumah dengan harga Rp350 juta ke bawah tersedia baik di lingkungan kompleks kecil, maupun di tengah-tengah pemukiman penduduk yang biasa disebut "rumah kampung."

1. Kramat Jati, Jakarta Timur
Di Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, terdapat sebuah kluster yang terdiri dari sekitar seratusan rumah dengan luas tanah berukuran 36 sampai 65 meter persegi. Rumah-rumah dengan luas bangunan 24 meter persegi atau seperti tipe studio ini dijual mulai Rp295 juta hingga Rp348 juta, tergantung luas tanah.

Ilham, seorang petugas penjualan dari sebuah perusahaan properti yang menjual rumah di lokasi itu mengatakan proyek rumah murah ini tidak ada hubungannya dengan program DP 0 rupiah dari pasangan Anies-Sandi.

"Rumah-rumah di sini sudah di bangun sejak pertengahan 2016, tidak ada hubungannya dengan rumah-rumah yang sedang dibicarakan sekarang," kata dia saat ditemui di lokasi rumah itu.


Bagian dalam rumah seharga Rp350 jutaan (ANTARA News/Alviansyah P)

Ia menambahkan separuh dari unit rumah-rumah tersebut sudah laku terjual dan tersisa beberapa puluh unit dengan model pembayaran tunai maupun mencicil.

Fatir, petugas penjualan lainnya, menjelaskan rumah "mini" dengan luas bangunan hanya 24 meter persegi ini berkonsep seperti tipe studio di apartemen dengan satu kamar tidur, namun memiliki atap beton sehingga bisa dikembangkan menjadi rumah dua lantai.

"Walaupun kecil, ini solusi, daripada harus mengontrak atau membeli rumah yang jauh dari Jakarta," tutur Fatir sambil menunjukkan salah satu rumah contoh.

2. Pasar Rebo, Jakarta Timur
Di Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, juga terdapat beberapa rumah di tengah pemukiman yang dijual seharga Rp350 juta dengan luas 50 meter persegi dengan asumsi harga tanah sekira Rp5-7juta per meter.


Tampak dalam rumah seharga Rp350 jutaan (ANTARA News/Alviansyah P)

3. Jagakarsa, Jakarta Selatan
Di Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, dan juga masih ada rumah yang dijual dengan harga Rp 350 juta. Rumah tersebut berada di dalam sebuah gang dengan luas tanah sekitar 50 meter persegi. Rumah dengan kondisi serupa juga masih ditemukan di wilayah Kebagusan Dalam, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kendati demikian, menurut visi dan misi Anies-Sandi yang dikutip dari situs KPU Jakarta disebutkan dalam poin "Pilar 3: Pembangunan dan Kesejahteraan" bahwa rumah yang akan disediakan merupakan hunian vertikal atau bertingkat yang terletak di tengah kota untuk masyarakat kelas menengah bawah.

Selain itu, pasangan yang unggul pada Pilkada DKI putaran kedua menurut hitung cepat lembaga survei itu memang belum mengumumkan lokasi-lokasi spesifik yang akan dibangun hunian untuk warga Jakarta.


Rumah seharga Rp350 jutaan (ANTARA News/Alviansyah P)

(Baca juga: Mengingat kembali program Anies-Sandi)

Editor: Ida Nurcahyani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga