Yogyakarta (ANTARA News) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong peningkatan sinergi antar-BUMN di berbagai sektor untuk menciptakan kekuatan bersama dalam mendongkrak perekonomian nasional.

"BUMN memang sudah seharusnya melakukan sinergi. Tanpa sinergi kita tidak bisa membangun kekuatan," kata Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat dalam workshop Sinergi BUMN Hadir Untuk Negeri Menuju Indonesia Digdaya di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat.

Menurut Edwin, dengan bersinergi, BUMN akan memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan berpeluang melakukan efisiensi. Sebaliknya tanpa melakukan sinergi, justru akan berpeluang terjadi pemborosan dalam berbagai proyek yang dikerjakan.

"Sinergi bukan hanya mencakup pengelolaan aset, namun juga meliputi aspek pendanaan," tuturnya.

Ia mencontohkan, dalam proyek 35.000 megawatt (MW), PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tidak akan bisa berjalan sendiri. Dalam proyek yang memiliki nilai investasi mencapai Rp1.200 triliun tentu PT PLN membutuhkan sokongan dari BUMN lainnya.


Kementerian BUMN menggelar upacara peringatan Hari Kartini di lapangan Garuda, Candi Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Jumat (21/4/2017) (ANTARA News/Hendra Nursiyansyah)

Menurut Edwin, saat ini banyak BUMN yang memiliki aset berupa lahan kosong, akan tetapi tidak mampu mengoptimalkannya karena tidak memiliki keahlian serta pendanaan yang memadai.

"Di sinilah peran peran sinergi antar BUMN dibutuhkan dengan melibatkan BUMN lainnya yang memiliki kemampuan di bidangnya agar lahan kosong bisa dioptimalkan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas," ujarnya.

Anggota Komisi VI DPR RI Dwie Arum menilai sinergi antar-BUMN memang penting dilakukan. Meski demikian, kata dia, orientasinya bukan hanya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya bagi negara, melainkan juga ditujukan untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indoneisa.

"Tetap harus menjalan amanat UUD 1945, yakni menciptakan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia," kata dia.

Workshop Sinergi BUMN "Hadir Untuk Negeri Menuju Indonesia Digdaya" merupakan rangkaian acara HUT bersama BUMN yang berlangsung 21-22 April 2017 di Yogyakarta yang diikuti ratusan jajaran direksi BUMN.

(Baca juga: Menteri BUMN ingin Kartini masa kini lebih produktif)

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017