Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengajak kaum perempuan Indonesia untuk meneladani sosok RA Kartini dalam perjuangan bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

"Saya mengajak perempuan Indonesia mau dan mampu meneladani sosok Ibu Kartini dengan menjadi pejuang sejati bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya demi terwujud Indonesia sehat," kata Nila dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA di Jakarta, bertepatan peringatan Hari Kartini, Jumat.

Nila menganggap perjuangan perempuan pada bidang kesehatan yang paling nyata ialah pada saat proses kehamilan dan bersalin dengan bertaruh nyawa melahirkan anaknya.

"Proses hamil dan melahirkan merupakan perjuangan seorang ibu yang sangat berat karena di sana jiwa ibu dipertaruhkan untuk anaknya," kata dia.

Nila, yang sedang dalam kunjungan kerja ke Arab Saudi bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji, menyempatkan mengucapkan selamat Hari Kartini kepada perempuan-perempuan Indonesia.

Sejumlah menteri perempuan lainnya dalam Kabinet Kerja juga mengucapkan selamat Hari Kartini pada hari ini seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Menteri Sosial mengajak generasi muda untuk meneladani semangat dan nilai-nilai sosok RA Kartini dalam kehidupan dan profesi masing-masing.

"Jadilah Kartini masa kini, Kartini yang tangguh, memiliki wawasan ke depan dan kepedulian terhadap sesama," kata Mensos.

Sementara Menteri Rini mengajak agar perempuan Indonesia mampu mengembangkan diri di segala bidang, khususnya meningkatkan akses keuangan dan perbankan.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017