Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan absen dalam turnamen bulu tangkis Kejuaraan Asia 2017.

Berdasarkan laman resmi PP PBSI yang dipantau di Jakarta, Jumat, pasangan ganda putra peringkat satu dunia tersebut tak dapat ambil bagian karena Marcus mengalami cedera punggung sejak tiga hari yang lalu.

Absennya Marcus/Kevin ini membuat Indonesia akan tampil di kejuaraan Asia 2017 tanpa diperkuat oleh tiga ganda terbaiknya setelah di sektor ganda campuran peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir batal tanding karena Liliyana masih dalam pemulihan cedera lutut kanan.

Sementara itu, pasangan ganda putri Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani juga tak dapat berlaga di kejuaraan yang bakal digelar di Wuhan, Tiongkok, 25-30 April 2017, pasalnya Anggia dinyatakan tak siap untuk bertanding selepas mengalami cedera otot paha kanan.

"Banyak pemain yang kondisinya tidak seratus persen. Tontowi/Liliyana, harus absen karena Liliyana masih mengalami cedera. Kalau Marcus/Kevin, mereka masih sakit. Sedangkan Anggia/Ketut, di Anggia ada masalah cedera hamstring," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susi Susanti.

Keputusan untuk tidak memberangkatkan para pemain tersebut diambil karena federasi tidak ingin memaksakan untuk diturunkan hanya karena peringkatnya di 10 besar dunia, namun ternyata tidak siap.

"Kalau kami memberangkatkan atlet, tentunya kami mau hasil yang terbaik buat mereka. Jika dipaksakan tapi tidak siap tetap berangkat. Mereka akan menjadi incaran lawan-lawannya, tentunya akan mempengaruhi kepercayaan diri mereka," ucap Susi.

Meskipun demikian Susi menyebut nomor ganda putra dan ganda campuran tetap menjadi andalan Indonesia. Namun, dia juga menyatakan Kejuaraan Asia 2017 bukanlah target utama, karena para atlet lebih difokuskan ke Piala Sudirman 2017 yang akan berlangsung bulan Mei mendatang.

"Sebetulnya Kejuaraan Asia ini turnamen perantara ya, fokusnya lebih ke Piala Sudirman. Kita kan tidak bisa menuntut atlet untuk juara terus di tiap pertandingan, tetapi sebaiknya sih setiap turnamen ada gelar untuk Indonesia ya, setidaknya satu gelar lah, dari sektor apapun," ujar Susi.

"Tidak usah disebut, ganda putra dan ganda campuran memang masih jadi andalan hingga saat ini, termasuk di Kejuaraan Asia. Kan masih ada Praveen Jordan/Debby Susanto dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Siapa tahu juga ada kejutan dari Jonatan Christie atau tim tunggal putra," tutur Susi.

Adapun daftar pemain Indonesia yang akan bertanding di Kejuaraan Buu Tangkis Asia 2017 adalah:

Tunggal Putra: Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto

Tunggal Putri: Dinar Dyah Ayustine, Fitriani, Hanna Ramadini

Ganda Putra: Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro

Ganda Putri: Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari, Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta, Nisak Puji Lestari/Meirisa Cindy Sahputri

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Debby Susanto, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti, Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017