Parigi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, telah menyiapkan lokasi seluas 2.500 hektare untuk persiapan panen raya padi, panen budidaya kepiting mangrove dan tambak udang yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo.

Panen raya tiga komoditas unggulan Parigi Moutong tersebut akan dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan nasional Teknologi Tepat Guna (TTG) pada September mendatang.

"Lokasinya sudah kami tinjau bersama Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Parigi Moutung Nelson Metubun di Parigi, Jumat.

Dia mengatakan bahwa peninjauan lokasi di Desa Boyantongo dan Desa Dolago, Kecamatan Parigi Selatan tersebut, juga dihadiri camat dan kepala-kepala desa sehingga seluruh komponen terlibat dalam persiapan panen raya itu.

Nelson mengatakan pemerintah daerah telah melakukan pertemuan dengan sejumlah kelompok tani. Pelibatan kelompok tani tersebut penting guna menyatukan persepsi terkait jadwal tanam padi seluas 2.500 hektare sehingga dapat dipanen serentak oleh Presiden.

Nelson mengatakan lokasi yang telah dipersiapkan itu sangat layak dan terintegrasi untuk panen raya padi, panen budidaya kepiting mangrove dan tambak udang.

Dia mengatakan pemerintah daerah hanya menyiapkan lokasi, namun untuk penetapan titik mana yang akan didatangi Presiden akan diputuskan oleh Sekretariat Negara.

Panen untuk tiga komoditas tersebut akan dilakukan serentak oleh Presiden RI bertepatan dengan pelaksanaan Teknologi Tepat Guna Nasional pada 25-30 September 2017.

Sebelumnya Bupati Parigi Moutong Samsurizal mengatakan pelaksanaan Teknologi Tepat Guna Nasional tersebut akan dipusatkan di Parigi Moutong dengan dihadiri perwakilan 34 provinsi dengan jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 5.000 orang.

Pelaksanaan kegiatan berskala nasional ini, kata dia, akan memberi dampak positif terhadap daerah itu khususnya dampak promosi berbagai potensi dan keunggulannya.

Pewarta: Adha Nadjemuddin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017