Kita siap untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan UE ..."
Moskow (ANTARA News) - Rusia berharap dapat melakukan pembicaraan berarti soal upaya memulihkan kerja sama dengan Uni Eropa (UE) saat kunjungan kepala kebijakan luar negeri kelompok kawasan itu ke Rusia, kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Kita siap terhadap pemulihan secara penuh dan dukungan aktif saluran kerja sama dengan UE di berbagai bidang," demikian pernyataan Departemen Informasi dan Media Kemlu Rusia menjelang kedatangan Mogherini, yang dikutip kantor berita Xinhua China, Jumat (21/4).

Kepala Perwakilan Uni Eropa Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan UE, yang juga Wakil Presiden Komisi Eropa, Federica Mogherini, dijadwalkan berkunjung ke Moskow pada Senin pekan depan (24/4).

Saat ini UE menjadi menjadi mitra dagang dan ekonomi kunci Rusia, mencakup hampir 45 persen perdagangan luar negerinya.

Kemlu Rusia mencatat bahwa hubungan Rusia dan UE sedang mengalami masa sulit, walau kerja sama masih berlangsung di sejumlah bidang, seperti pembicaraan bilateral secara berkala soal memerangi terorisme dan kejahatan terorganisasi maupun kerja sama kawasan.

"Kita siap untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan UE beserta negara-negara anggotanya berdasarkan kesetaraan, penghormatan terhadap kepentingan nasional dan saling ketergantungan yang obyektif dalam bidang ekonomi yang dikondisikan dengan kedekatan wilayah serta saling melengkapi," catat Kemlu Rusia.

Dalam pembicaraan yang akan berlangsung, Mogherini dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan mengkaji aspek-aspek utama hubungan bilateral.

Keduanya juga akan membahas berbagi masalah internasional, termasuk situasi di Ukraina, Balkan Barat, Suriah, Irak, Libya, program nuklir Iran dan pembangunan permukiman di Timur Tengah.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017