Johannesburg (ANTARA News) - Seorang pengemudi bus dan 19 murid sekolah tewas saat sebuah mini bus yang mengangkut mereka menabrak sebuah truk dan memicu ledakan di provinsi Mpumalangan, Afrika Selatan, kata regu penyelamat pada Jumat.

"Kendaraan itu sedang mengangkut anak-anak dari sekolah mereka, ketika mengalami tabrakan dengan sebuah truk di perlintasan antara kota Verena dan Bronkhorstpruit, timur laut ibukota Pretoria", kata Russel Meiring, juru bicara ER24.

"Beberapa anak lainnya terluka", katanya.

"Anak-anak yang tewas terbaring di dalam kerangka kendaraan yang telah terbakar", tambahnya.

Belum jelas apa yang menjadi penyebab tabrakan itu, kata polisi.

"Kendaraan (minibus) sedang mengangkut peserta didik dari sekolah dan mengalami tabrakan dengan truk, lalu terbakar", kata juru bicara pihak kepolisian Mpumalanga, Gerald Sedibe.

Ia menambahkan bahwa pengemudi minibus itu tewas, sedangkan pengemudi truk dinyatakan selamat.

Meskipun menjadi negara industri ekonomi paling maju di Afrika, dan mempunyai jaringan jalan raya yang modern, Afrika Selatan memiliki catatan peristiwa terkait keamanan jalan raya yang mengerikan.

Kematian di jalan raya meningkat sebanyak 235 korban selama akhir pekan Paskah pada tahun ini, dibandingkan dengan tahun lalu yang menelan korban sebanyak 156 jiwa, kata beberapa pejabat transportasi pada Jumat.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017