Jakarta (ANTARA News) - Pegolf dari delapan negara di Asia Tenggara dijadwalkan akan berpartisipasi pada turnamen "Olympic Jabar Amateur Open (OJAO) 2017" di Emeralda Golf Club, Tapos, Depok, Jawa Barat, pada 25-27 Juli 2017.

Kejuaraan ini juga dijadikan ajang persiapan menuju SEA Games 2017 Malaysia, kata Ketua Panitia Pelaksana OJAO 2017 Freddy Gondowibowo d Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya sengaja mengundang pegolf asing guna memberikan kesempatan kepada pegolf muda Indonesia untuk mengadu kemampuan mengingat peluang untuk bersaing cukup minim.

Delapa negara yang bakal terlibat pada kejuaraan yang masuk tahun ketiga ini adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vitenam, Brunei Darussalam, Myanmar serta tuan rumah Indonesia.

"Kami ingin mencoba kemampuan mereka (pegolf amatir Indonesia) untuk merasakan ketatnya persaingan di turnamen berlevel internasional," katanya.

Pada OJAO yang masuk tahun ketiga ini, pihak menyelenggara membatasi jumlah peserta yaitu sekitar 100 peserta (putra/putri). Pihak panitia penyelenggara menyediakan fasilitas tanpa biaya bagi dua atlet putra dan dua atlet putri terbaik dari masing-masing provinsi maupun atlet negara tetangga yang diundang.

Freddy menjelaskan digelarnya OJAO tidak lepas dari minimnya prestasi pegolf maupun turnamen golf amatir di Indonesia. Dengan dilaksanakan turnamen yang didukung penuh oleh Pengprov PGI Jawa Barat ini pihaknya berharap prestasi pegolf amatir Indonesia bisa meningkat. Apalagi turnamen ini sudah masuk kalender World Amateur Golf Rangking (WAGR) dan peraih hasil terbaik bakal mendapatkan poin.

"Semoga turnamen ini bisa menjadi contoh bagi perkumpulan golf, pengprov-pengprov maupun pemilik lapangan golf untuk menggelar turnamen yang sama," kata Freddy menambahkan.

Sementara itu ketua Pengprov PGI Jawa Barat, Sirodzudin usai pelaksanaan PON 2016, turnamen khusus amatir terbilang minim sehingga banyak pegolf kesulitan untuk menambah jam terbang. Padahal potensi pegolf Indonesia cukup besar. Untuk itu pihaknya terus berusaha menggelar OJAO dengan harapan turnamen ini bisa menjadi ajang ujicoba sebelum SEA Games 2017.

"Pelaksanaan OJAO tidak jauh dari pelaksanaan SEA Games 2017. Saya kira ini turnamen sangat tetap. Apalagi banyak pegolf Asia Tenggara yang bakal terlibat," katanya.

SEA Games 2017 sesuai dengan rencana bakal digelar di Malaysia, 19-31 Agustus. Indonesia kemungkinan besar akan menurunkan mayoritas atlet muda dan mereka yang dikirim merupakan atlet yang mempunyai peluang besar untuk mendapatkan medali.

(T.B016/T007)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017