Majalengka, Jawa Barat (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai penyelenggaraan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua sebagai bukti kemenangan rakyat dan berlangsungnya demokrasi.

"Pilkada DKI, kemenangan rakyat, kemenangan demokrasi," ujar Zulkifli di sela Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pondok Pesantren Daarul Arqam, Majalengka, Jawa Barat, Senin.

Zulkifli mengaku bersyukur karena penyelenggaraan Pilgub berlangsung damai dan aman, membuktikan persaudaraan di antara rakyat.

"Kita bersyukur pilkada di Jakarta berlangsung aman dan damai. Sehabis memilih saya keliling, enggak ada yang ribut. Enggak ada yang berantem. Rupanya selama ini kita terkena perang propaganda saja. Rakyat kita ternyata rakyat yang bersaudara," kata dia.

Kemudian, menyinggung soal kebangsaan, Zulkfili mengutip pernyataan mantan Ketua Umum Pengurus Nahdlatul Ulama (NU), mendiang Kyai Hasyim Muzadi mengingatkan keragaman sebagai ciri khas Indonesia. Oleh karenanya, sambung dia, penting bagi rakyat merawat persatuan.

"Jangan menyamakan yang berbeda, membedakan yang sama. Kalau menyadari kita berbeda enggak usah diseragamkan. Keragaman itu sudah made in Indonesia dan made in Tuhan. Karena itu, kita harus menghormati, menghargai dalam keragaman. Yang harus dirawat persatuannya. Itulah kekuatan Indonesia," tutur Zulkifli.

Dalam kesempatan itu, Bupati Majalengka Sutrisno menilai sosialisasi Empat Pilar MPR yang dilakukan secara massal merupakan langkah tepat, di tengah kecenderungan generasi muda kehilangan ruh kebangsaan.

"Kebijakan pemerintah melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR secara massive adalah jalan yang tepat. Generasi sekarang kehilangan ruh empat pilar, dikhawatirkan terpengaruh idelogi lain," kata dia.

Turut hadir dalam kesempatan itu Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, pimpinan organisasi kemasyarakatan di Majalengka dan ratusan warga dari berbagai wilayah di Majalengka.


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017