Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Cricket Indonesia (PCI) masih berharap cabang olahraga permainan itu dapat diselenggarakan dalam Asian Games XVIII meskipun Dewan Olimpiade Asia (OCA) sudah menyapakati 39 cabang yang akan digelar tanpa cricket.

"Kami sudah diakui Komite Olahraga Nasional Indonesia sejak 2009. Kami juga menyelenggarakan berbagai kejuaraan nasional, kejuaraan daerah, dan rapat kerja nasional," kata Sekretaris Jenderal PCI Arsyad Achmadin ketika dihubungi Antara di Jakarta, Selasa.

PCI, lanjut Arsyad, bahkan telah menyiapkan atlet-atlet yang akan berlaga dalam SEA Games 2017 di Malaysia dan Asian Games 2018.

"Kami adalah cabang olahraga yang diakui negara-negara persemakmuran Inggris dibanding kabaddi yang hanya dikenal di kawasan Asia Selatan," katanya.

Arsyad mengharapkan Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) dapat memperjuangkan cabang cricket masuk dalam Asian Games yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang itu.

"Kami sudah siap berkompetisi dengan negara-negara lain dalam kejuaraan internasional. Tugas kami hanya menyiapkan atlet dan sarana pertandingan," kata Arsyad.

OCA, pada Jumat (21/4), telah menyepakati 39 cabang olahraga, 53 disiplin, dan 426 nomor pertandingan yang diajukan INASGOC melalui Ketua Dewan Pengarah Asian Games Jusuf Kalla kepada Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Sabah.

"OCA telah membahas bersama INASGOC tentang pengurangan cabang olahraga Asian Games ke-18 agar lebih hemat biaya penyelenggaraan," kata Direktur Jenderal OCA Husain Al-Musallam.

Cabang-cabang olahraga yang telah disepakati OCA dalam Asian Games 2018 adalah akuatik, angkat beban, anggar, atletik, balap sepeda, basebol/sofbol, bola basket, bola boling, bola tangan, bola voli, bridge, bulu tangkis, dayung, equestrian, dan golf.

Kemudian, gulat, hoki, jetski, judo, kabaddi, kano/kayak, karate, menembak, paragliding, panjat dinding, pentathlon modern, rugby, panahan, perahu layar, senam, seni bela diri, sepak bola, sepak takraw, squash, taekwondo, tinju, tenis meja, tenis, dan triathlon.

Selain cricket, dua olahraga juga dihapus dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 itu. Mereka adalah cabang selancar air (surfing) dan cabang sepatu roda (rollerskate). Sedankan dua disiplin olahraga yang juga dihapus dari cabang seni bela diri adalah kurash dan sambo.

INASGOC dalam pengajuan awal cabang-cabang olahraga Asian Games 2018 mengajukan 42 cabang olahraga yang terdiri dari 60 disiplin olahraga dan 486 nomor pertandingan.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017