Jakarta (ANTARA News) - Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama kembali dalam perhatian publik dengan menyampaikan pidato yang tak sekalipun menyebut penggantinya, Donald Trump, saat mengutarakan kehidupannya setelah tidak menjadi presiden.

Panel pada Universitas Chicago adalah forum pertama bagi presiden asal Demokrat berusia 55 tahun sejak menuntaskan jabatannya awal tahun ini.

Obama yang pernah mengajar hukum konstitusi pada Universitas Chicago mengenang masa mudanya sebagai aktivis sosial di Chicago kepada ratusan orang yang menjadi audiens pidatonya.

Dia mengaku kini fokus kepada masa depannya mendorong kaum muda untuk terlibat dalam komunitasnya.

"Hal paling penting yang bisa saya kerjakan adalah membantu sebisa mungkin menyiapkan generasi pemimpin mendatang untuk meneruskan tongkat kepemimpinan guna mengubah dunia," kata Obama dalam laman abc.net.au.

Obama juga menyatakan ingin menjadi jembatan bagi terbelah dalamnya perpolitikan di dalam negeri.

"Semakin sulit saja mencari landasan bersama karena uang dalam politik. Kepentingan-kepentingan khusus mendominasi debat-debat di Washington dalam cara yang tidak seusai dengan yang dirasakan oleh mayoritas luas rakyat Amerika," kata Obama.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017