Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat kunjungan kerja memperingati Hari Kartini di Provinsi Kalimantan Selatan mengingatkan pentingnya perawatan kesehatan untuk kaum perempuan dengan melakukan deteksi kanker serviks dan payudara.

Ibu Negara telah menghadiri Peringatan Hari Kartini 2017 tersebut di Lapangan Dr Murdjani Banjarbaru, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru pada Selasa.

Rombongan Ibu Negara bersama Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla disambut dengan Tarian Dindang Ligun yang dibawakan oleh Sanggar Tari Idaman Banjarbaru.

Dia pun menghampiri para undangan sambil memenuhi permintaan untuk berjabat tangan dan foto bersama.

Menurut siaran pers Kepala Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang diterima Antara di Jakarta, pada kesempatan tersebut, Ibu Negara mengucapkan selamat kepada para perempuan Indonesia sebagai penerus Kartini bangsa untuk terus belajar dan semakin produktif dalam berkarya.

Tema yang diangkat pada peringatan Hari Kartini kali ini adalah "Meningkatkan Kesadaran Perempuan Indonesia Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara".

Hal itu sejalan dengan visi Ibu Negara yang sejak dua tahun lalu gencar mencanangkan program deteksi dini kanker pada perempuan.

Ibu Negara juga mengajak perempuan untuk lebih peduli terhadap kesehatan dengan mengajak masyarakat di sekitarnya.

"Nanti kalau bisa jangan ibu saja, tapi juga lingkungan diberi tahu bahwa pemeriksaan IVA Test dan SADARI itu penting sekali," kata Iriana.

Selain itu, Ibu Negara juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tim PKK dari daerah yang berperan penting dalam pelaksanaan program deteksi dini kanker di seluruh Indonesia.

Daerah-daerah yang mendapat penghargaan tersebut, yaitu Tim Penggerak PKK Provinsi Bali untuk kategori dengan jumlah pemeriksaan tertinggi target nasional dan Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung untuk kategori jumlah pemeriksaan dengan kenaikan pemeriksaan tertinggi.

Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur di kategori jumlah pemeriksaan untuk target wilayah padat penduduk dan Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat untuk kategori jumlah pemeriksaan tertinggi wilayah Indonesia Timur.

Dalam kesempatan itu, Ibu Negara juga meninjau sejumlah gerai pameran kerajinan khas Kalimantan Selatan yang digelar di tempat acara Peringatan Hari Kartini.

Sejumlah istri anggota Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) juga turut serta dalam kunjungan kerja tersebut.

(T.B019/S023)

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017