Batam (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan memastikan pasokan beras di Kota Batam Kepulauan Riau cukup hingga Lebaran, dalam inspeksi ke Gudang Bulog Divre Batam, Selasa.

"Kami melihat beras, cukup sampai delapan bulan ke depan, cukup sampai Lebaran," kata Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Syahrul Mamma.

Kemendag juga mengumpulkan informasi, ketersediaan gula mencukupi hingga Lebaran.

Berdasarkan inspeksi, beras di gudang Bulog dalam kondisi bagus dan siap didistribusikan kepada masyarakat.

Syahrul menyatakan selain memastikan ketersedian pangan, Kemendag juga memastikan pasar retail modern menetapkan harga gula, minyak goreng dalam kemasan sederhana dan daging beku sesuai dengan harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah.

Kementerian Perdagangan menetapkan HET untuk komoditas gula sebesar Rp12.500 per kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp11.000 per liter dan daging beku dengan harga maksimal Rp80.000 per kg.

"Ini yang kami koordinasikan, turun ke lapangan untuk mengecek, melakukan pengawasan pasar, jangan sampai harga tinggi," kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Divisi Regional Bulog Kepri Iqbal Awaluddin menyatakan saat ini tersedia sekitar 6.000 ton beras di gudang Bulog, itu cukup hingga delapan bulan ke depan.

Selain beras Bulog, beras lain juga tersedia di pasar dalam jumlah memadai.

"Beras komersial disiapkan, untuk efisiensi pasar," kata dia.

Kementerian Perdagangan akan memimpin rapat koordinasi ketersediaan pangan di Kepri, pada Rabu (26/4).

Rapat itu akan diikuti seluruh pihak terkait ketersediaan pangan di provinsi yang berbatasan dengan empat negara, Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina itu.

(T.Y011/T013)

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017