Jakarta (ANTARA News) - Menjelang bulan Ramadhan, PT Sharp Electronics Indonesia meluncurkan mesin cuci berkapasitas 12kg dan 14kg yang dapat digunakan oleh keluarga besar.

"Memasuki bulan Ramadhan dan lebaran produdk oni produk ini sangat cocok di momen seperti ini karena dapat mencuci pakaian dalam jumlah besar dalam satu waktu terutama untuk keluarga besar," ujar Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT SHARP Electronics Indonesia dalam temu media di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut, Product aplanning Assistant General Manager PT SHARP Electronics Indonesia, Ardy Sofyan, menjelaskan bahwa mesin cuci terbaru Sharp tersebut mengusung "Besar, Bersih dan Hemat." Mesin cuci tersebut dibekali teknologi W-Screw Pulsator untuk menggiling pakaian yang menjadikan lebih bersih. Tidak hanya itu, mesin cuci tersebut juga dilengkapi Super Aquamagic filter yang disebut 30 persen lebih baik dibandingkan dengan mesin cuci yang ada sebelumnya.

"Ini mengurangi proses pengaratan baju," ujar Ardy.

Selain itu, mesin cuci terbaru tersebut juga memiliki double anti-bacteria yang diklaim mampu membunuh 99 persen bakteri.

Dari segi ekonomis, Ardy menjelaskan bahwa mesin cuci tersebut dilengkapi spin air dry dengan lubang-lubang yang mempercepat proses pengeringan.

"Mesin cuci ini juga low wattage hanya 365 watt yang lain biasanya 400 watt. Dihitung-hitung enggak sampai Rp15.000 per bulan, tiap hari mencuci," kata Ardy.

Mulai memproduksi mesin cuci pada 2008, Sharp meluncurkan ukuran 12kg dan 14kg untuk mensasar kelas menengah di Indonesia yang menurut Ardy jumlahnya sangat besar.

Ditambah, laundry rumahan yang mulai menjamur di Indonesia menjadi target pasar sendiri bagi mesin cuci Sharp ukuran 12kg dan 14kg.

Ditawarkan dalam pilihan warna briliant blue, diamond red dan rose pink mesin cuci Sharp ukuran 12kg dibandrol Rp 2.650.000, sementara untuk ukuran 14kg dijual dengan harga Rp 2.800.000.

"Ketersediaan awal Mei minggu pertama sudah distribusi ke seluruh Indonesia," ujar Ardy.

Dengan dihadirkannya dua mesin cuci berkapasitas 12kg dan 14kg tersebut Sharp menargetkan pangsa pasar 13 persen untuk mesin cuci twin tube dan 25,5 persen untuk total mesin cuci di Indonesia.

Sementara untuk jumlah produksi, Sharp hingga akhir tahun ini menargetkan 10.000 unit untuk mesin cuci ukuran 12kg, dan 15.000 unit mesin cuci ukuran 14kg.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017