Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan ingatkan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk tetap fokus bekerja meskipun Pemilu Presiden 2019 sudah sebentar lagi.

"Jangan sampai ini seolah-olah kepentingan rakyat terabaikan manakala sudah mendekati gerbang Pilpres dan Pileg 2019," kata Taufik di Gedung Nusantara III, Jakarta, Rabu.

Dia berharap semua menteri yang menjadi pembantu Presiden tetap menyelesaikan aktivitas tugasnya masing-masing sebagaimana amanah dari setiap jabatan.

Taufik berharap semua target pemerintah baik Menteri dan pimpinan lembaga negara bisa terselesaikan semuanya dan dirinya tidak ingin dinamika politik menjelang Pilpres mengganggu konsentrasi pemerintah kabinet kerja.

"Tahapan pemilu 2019 sudah di depan mata, kita harapkan semuanya tetap menyelesaikan aktivitas tugasnya masing-masing sebagaimana amanah dari setiap jabatan," ujarnya.

Menurut politisi PAN itu, DPR dan pemerintah sudah menyepakati pelaksanaan Pemilu 2019 yaitu pada Rabu 17 April 2019.

Dia menjelaskan tahapan awal Pemilu 2019 adalah verifikasi partai politik yang dilaksanakan pada 1 Oktober 2017.

"Tahapannya sudah ada semacam petunjuk yang telah disepakati Komisi II DPR, Kementerian Dalam Negeri dan KPU RI, diawali dengan verifikasi partai politik," katanya.

Sementara itu terkait rencana perombakan kabinet yang disampaikan Presiden Jokowi, Taufik menilai hal itu merupakan hak prerogatif Presiden.

Dia meyakini Presiden memiliki penilaian yang komprehensif terhadap para pembantunya.

Menurut Taufik perombakan kabinet adalah hal wajar karena hak prerogatif Presiden sudah sesuai konstitusi.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017