Sungaiselan (ANTARA News) - Warga Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, resah dan khawatir karena sering melihat dua buaya berukuran besar di dermaga tambatan perahu nelayan.

Iwan, seorang warga setempat, Rabu, mengatakan belakangan ini dua ekor buaya sering muncul ke permukaan dermaga ikan yang lokasinya tidak jauh dari pasar Sungaiselan.

"Dua ekor buaya berukuran cukup besar, mencapai delapan meter dan kemungkinan sepasang buaya itu muncul karena habitatnya terganggu," ujarnya.

Ia mengatakan, dua ekor buaya buas itu sering muncul pada sore hari dan kemunculannya memakan sisa sampah pasar terutama kepala dan perut ikan dan ayam di bawah dermaga.

"Kemunculan buaya itu membuat pengunjung dan pedagang pasar takut karena bisa saja menyambar manusia yang sedang beraktivitas di pasar," ujarnya.

Sementara seorang pedagang pasar, Rismawati mengaku sering melihat buaya itu muncul pada dini hari dan lokasi munculnya tidak jauh dari los pasar yang berada di pinggir muara Sungaiselan itu.

"Memang sejauh ini belum memangsa manusia, namun sangat menakutkan karena bisa saja buaya itu tiba-tiba menyambar manusia di tepian sungai," ujarnya.

Ia mengatakan, di Sungaiselan memang banyak terdapat buaya baik di kolong atau lubang bekas penambangan bijih timah maupun di sungai.

"Sering juga ada korban diterkam buaya, makanya kami takut juga apalagi munculnya tidak jauh dari pasar," ujarnya.

(T.KR-AMD/S023)

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017