Santiago (ANTARA News) - Turnamen sepak bola antara negara-negara di kawasan Amerika Selatan, Copa America, akan diikuti oleh 16 negara mulai pelaksanaan tahun 2019 di mana Brazil menjadi tuan rumah, menurut Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL).

"Dewan sudah sepakat ada peningkatan jumlah peserta di Brasil dan idealnya akan ada 16 tim yang berlaga di Copa," ujar Ketua CONMEBOL Alejandro Dominguez, saat pertemuan rutin tahunan organisasi tersebut di Chile, Rabu (16/7) dikutip dari Reuters.

Sebelumnya, pada edisi 100 tahun Copa America yang digelar di Amerika Serikat pada tahu 2016, turnamen tersebut sudah diikuti 16 tim. Namun biasanya Copa America diadakan dengan melibatkan 10 negara CONMEBOL dan dua negara undangan dari Amerika Utara atau Tengah.

Dominguez melanjutkan, konferensi tahunan CONMEBOL juga membicarakan tentang kemungkinan mempertandingkan juara Copa America dan juara Piala Eropa dengan Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) juga mengumumkan adanya peningkatan peserta di Piala Dunia, dari 32 menjadi 48 negara mulai pelaksanaan tahunn 2026. Hal tersebut dikritik oleh beberapa klub Eropa yang tidak mau melepas pemainnya ke turnamen tersebut karena dianggap melelahkan.

(Uu.M054/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017