Manchester (ANTARA News) - Terang benderang, bahwa duel antara Manchester City dengan Manchester United menyasar kepada kredo bahwa kepercayaan diri dan keteguhan hati merupakan langkah awal meraih sukses gemilang. Silakan menghidup-hidupkan optimisme meski tidak perlu juga selalu menepuk dada.

Duel bertajuk Derbi Manchester berhulu ledak dahsyat, karena tim yang kalah siap-siap terjengkang dari perebutan empat besar tahta Liga Inggris. Baik Manchester United maupun Manchester City saling beradu dalam palagan yang digelar di Etihad Stadium, Manchester, pada Kamis waktu setempat, atau Jumat dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh MNC TV.

Pemenang Derbi Manchester tidak melulu bersuka cita melainkan berhak mengacungkan optimisme bakal melenggang untuk mendapatkan garansi dari tiket Liga Champions.

Di kubu Manchester United, Paul Pogba diragukan tampil karena masih dibekap cedera otot yang memerlukan masa penyembuhan berkelanjutan. Ia menderita cedera ketika bertanding melawan Burnley pada Minggu pekan lalu.

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho juga disibukkan dengan sederet pemainnya yang masih harus mendekam di ruang perawatan. Sebut saja, Chris Smalling (cedra lutut), dan Phil Jones (cedera kaki). Kedua pemain ini dipastikan tidak turun bertanding di Etihad Stadium.

Skuad Iblis Merah juga tidak diperkuat oleh Zlatan Ibrahimovic dan Marcos Rojo. Kedua pemain itu sedang berkutat dengan cedera lutut yang memerlukan waktu penyembuhan lama.

Hanya saja, ful-bek Antonio Valencia siap tempur setelah absen dalam dua laga. Ini tentu saja menambah daya terjang Manchester United ke lini pertahahan Manchester City.

Di lini City, playmaker David Silva diragukan tampil setelah dihajar cedera hamstring dalam laga semi-final melawan Arsenal di Piala FA.

Striker Sergio Aguero hanya berpeluang besar memperoleh tandem yang oke mengingat penyerang Gabriel Jesus besar kemungkinan tampil karena sudah pulih setelah dua bulan menjalani perawatan lantaran mengalami patah tulang tulang kaki.

Di sisi pertahanan, bek John Stones dan Bacary Sagna diharapkan dapat bermain lantaran sudah sembuh dari cedera otot meskipun Ilkay Gundogan didera cedera lutut yang memerlukan waktu penyembuhan lama.  

Baca Juga : Lima makna Derbi Manchester

Data dan fakta (Opta Facts):

* Duel kedua tim yang terakhir di ajang Liga Inggris pada November 1994, dengan Manchester United menang 5-0 dengan hatrick yang diciptakan Andrei   Kanchelskis.
* Jose Mourinho gagal meraih kemenangan dari empat laga terakhir melawan Manchester City di ajang Liga Inggris dengan catatan dua kali imbang dan dua kali kalah.
* Jose Mourinho meraup empat kemenangan dari 18 pertemuan dengan Pep Guardiola dengan torahan enam kali imbang dan delapan kali kalah.
* Jose Mourinho mampu mengalahkan Guardiola dengan skor 1-0 di Piala EFL pada Oktober.
* Pep Guardiola menjadi manajer keempat yang mampu meraih kemenangan di laga tandang dan kandang dalam Derbi Manchester dalam debut di puncak musim setelah John Bentley, Sven-Göran Eriksson dan Manuel Pellegrini.
* Wayne Rooney melesakkan 11 gol dalam Derbi Manchester. Ini capaian yang melampaui para pemain lain dalam sejarah Liga Inggris.  
* Sergio Aguero sekarang mencetak lima gol dalam lima penampilan berturut-turut ketika membela Manchester City.
* Aguero mengemas delapan gol dalam 10 penampilan bagi Manchester City melawan Manchester United, meski gagal menjaringkan gol dalam dua laga terakhir ketika melawan mereka.  
* Manchester City hanya sekali menelan kekalahan dari 15 laga kandang dalam musim ini.

Baca Juga : Derby panas MU vs City dihantui rangkaian cedera

Prakiraan susunan pemain:

* Manchester City (4-2-3-1):

Bravo (penjaga gawang), Clichy, Kompany, Otamendi, Navas, Fernandinho, Toure, Sane, Bruyne, Sterling, Aguero

* Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang), Valencia, Bailly, Blind, Darmian, Herrera, Fellaini, Lingard, Mkhitaryan, Rashford, Young

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:kalah)

* Manchester City: L W W L D


23/04/2017 Arsenal 2 - 1 Manchester City
15/04/2017 Southampton 0 - 3 Manchester City
08/04/2017 Manchester City 3 - 1 Hull City
05/04/2017 Chelsea 2 - 1 Manchester City
02/04/2017 Arsenal 2 - 2 Manchester City

* Manchester United: W W W D W

23/04/2017 Burnley 0 - 2 Manchester United
20/04/2017 Manchester United 2 - 1 Anderlecht
16/04/2017 Manchester United 2 - 0 Chelsea
13/04/2017 Anderlecht 1 - 1 Manchester United
09/04/2017 Sunderland 0 - 3 Manchester United

Head To Head:
 
26/10/2016 Manchester United 1 - 0 Manchester City
10/09/2016 Manchester United 1 - 2 Manchester City
20/03/2016 Manchester City 0 - 1 Manchester United
25/10/2015 Manchester United 0 - 0 Manchester City
12/04/2015 Manchester United 4 - 2 Manchester City

Baca Juga : Kerendahan hati di mata Guardiola dan Mourinho

Prediksi hasil laga:

Manchester City 1 - 2 Manchester United
Manchester City 0 - 2 Manchester United
Manchester City 2 - 1 Manchester United

Prediksi Man of the Match:
1.Ander Herrera (27.78%)
2.Henrikh Mkhitaryan    (13.89%)
3.Kevin De Bruyne    (13.89%)
4.Marcus Rashford    (11.11%)
5.Gabriel Jesus (8.33%)

Prediksi jalannya laga:

* Manchester City gagal melaju ke final Piala FA. Ini kesempatan emas untuk melesat ke empat besar klasemen Liga Inggris. Musim ini benar-benar mengecewakan dan memeras konsentrasi berat bagi Pep Guardiola. Kekalahan dari Manchester United tentu membawa konsekwensi besar bagi pelatih asal Spanyol ini.
* Manchester United terus meningkatkan kekuatan bahkan mereka mencatatkan capaian 23 kali tidak terkalahkan dalam laga Liga Inggris. Hanya saja pasukan Iblis Merah menelan tiga kekalahan dari lima laga Derbi Manchester di Etihad.
* Jose Mourinho "biasanya" punya resep khusus menghadapi racikan taktik Guardiola.
* Kedua manajer sama-sama disibukkan dengan problem cedera pemain, meski Mourinho sedikit lebih harus memutar otak ekstra.
* City "biasanya" sangat termotivasi ketika berlaga di kandang, apalagi lawan yang dihadapi musuh bebuyutan mereka, Manchester United.

Prediksi hasil laga:

* Manchester City: 1
* Manchester United: 1

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017