Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah jumlah bus Transjakarta edisi vintage sebanyak sepuluh unit, sehingga kini totalnya menjadi 12 unit.

"Penambahan bus-bus model klasik atau vintage itu dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan maupun permintaan para penumpang," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, sepuluh unit bus baru tersebut akan dioperasikan di Koridor 1 rute Blok M-Kota. Dia menyebutkan bus vintage Transjakarta memiliki keunggulan air suspension, sehingga lebih nyaman bagi penumpang.

"Selain itu, bus edisi vintage ini juga kami lengkapi dengan klakson telolet. Kemudian, bus vintage itu juga menggunakan transmisi otomatis," ujar Budi.

Dia menuturkan bus Transjakarta edisi klasik itu memiliki kapasitas 65 hingga 70 orang. Jarak antar kursi pun diatur sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang.

Lebih lanjut, dia mengatakan bus edisi vintage itu dapat membangkitkan kenangan masyarakat mengenai transportasi publik di wilayah ibu kota.

"Jadi, bus ini bisa untuk bernostalgia sekaligus menjadi sarana edukasi bagi masyarakat mengenai sejarah transportasi umum di Kota Jakarta," tutur Budi.

Ke depannya, dia mengungkapkan pihaknya berencana untuk kembali menambah jumlah unit-unit bus Transjakarta edisi vintage yang akan dioperasikan di Jakarta.

"Rencananya, kami akan tambah lagi sebanyak empat unit bus Transjakarta edisi vintage. Penambahan itu akan kami lakukan dalam waktu dekat," ungkap Budi.


Baca juga: (Transjakarta targetkan 185 juta pelanggan 2017)

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017