Chicago (ANTARA News) - United Airlines dan seorang penumpang yang diseret dari salah satu pesawatnya di Chicago bulan ini, akhirnya mencapai kesepakatan atas kompensasi uang tidak disebutnya jumlahnya.

Konfirmasi ini disampaikan kedua belah pihak. Pemberian kompensasi ini adalah upaya terbaru maskapai AS dalam mencegah dampak buruk dari insiden pengusiran penumpang yang telah memicu kemarahan internasional tersebut.

Berbagai video yang viral mengenai diseretnya Dr. David Dao sampai lantai dan lorong kabin pesawat dan cara Kepala Eksekutif Oscar Munoz dalam menangani insiden itu telah membuat marah publik sehingga mendorong seruan dari Kongres untuk membuat regulasi baru dalam industri penerbangan.

United sebelumnya mengatakan bahwa maskapai ini menawari para penumpangnya dengan kompensasi 10.000 dolar AS untuk memberikan kursi, mengurangi overbook penerbangan dan tidak lagi meminta bantuan petugas keamanan untuk menarik penumpang bertiket yang diminta turun karena overbook.

Kebijakan serupa juga diambil maskapai Southwest Airlines pada hari yang sama.

Dao, dokter Amerika keturunan Vietnam berusia 69 tahun, terluka ketika polisi bandara Chicago menyeretnya keluar dari pesawat untuk memberi tempat kepada empat awak pesawat dalam penerbangan dari Bandara Internasional O'Hare ke Louisville, Kentucky, demikian Reuters.


Baca juga: (Penumpang United Airlines diseret turun dari pesawat terbang)


Baca juga: (Pasca United Airlines, muncul RUU larangan mengusir penumpang)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017