Beijing (ANTARA News) - Angkatan laut China kembali berlayar melalui Selat Miyako yang terletak di antara dua pulau Jepang untuk melakukan latihan di Pasifik Barat, kata kantor berita Xinhua.

Angkatan laut dan angkatan udara China dalam beberapa bulan terakhir melakukan serangkaian latihan di Pasifik, untuk mengasah kemampuan mereka beroperasi jauh dari dataran wilayah mereka.

"Latihan tersebut meliputi latihan berkomunikasi, perubahan formasi armada, operasi pencarian dan penyelamatan dan operasi anti pembajakan," menurut sebuah laporan dari Xinhua pada Kamis.

"Latihan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan serta respon saat menangani keadaan darurat di laut," kata Chen Denan, kepala staf armada China kepada Xinhua.

"Latihan tersebut bertujuan meningkatkan komunikasi dan saling kepercayaan, menyampaikan pesan damai dan persahabatan, dan membantu armada menyesuaikan dengan tuntutan tugas militer yang beragam," tambah Chen.

Selat Miyako adalah wilayah perairan antara pulau Miyako dan Okinawa, Jepang yang juga berada di timur laut pemerintahan mandiri Taiwan, yang juga diklaim China sebagai miliknya.

China minggu ini meluncurkan kapal induk kedua, dan merupakan kapal induk pertama pengembangan dalam negeri, namun diperkirakan belum akan digunakan hingga sekitar 2020.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017