Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi telah tiba di Bandar Udara Col Jesus Villamor, Manila, Filipina, Jumat.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam siaran persnya mengungkapkan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 mendarat tepat pukul 14.15 waktu setempat setelah menjalani penerbangan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta selama hampir empat jam.

Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Republik Filipina Robert A Borja dan Duta Besar Indonesia Johny J Lumintang menyambut Presiden dan Ibu Iriana di depan pintu pesawat.

Sedangkan di bawah tangga pesawat, Menteri Pertanian Filipina Emmanuel Pinol, Duta Besar Filipina untuk Indonesia Maria Lumen B Isleta dan Walikota Pasay City Antonio Calixto juga menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Negara.

Setelah itu, Presiden dan Ibu Iriana menerima bunga tangan dari sepasang anak. Tak berapa lama, Presiden dan Ibu Iriana melewati karpet merah dan jajar kehormatan di tarmac.

Dari bandara, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan menuju hotel tempat menginap selama berada di Manila, Filipina.

Sore harinya, Presiden Jokowi bersama rombongan akan berkunjung ke Istana Malacanang untuk bertemu dengan Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte.

Setelah disambut dengan upacara kenegaraan, kedua Kepala Negara ini mengadakan pertemuan "Tete-A-Tete" kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bilateral, penandatanganan dokumen kerja sama dan diakhiri dengan pernyataan pers bersama.

Malam harinya, Presiden dan Ibu Iriana menghadiri undangan santap malam kenegaraan di Istana Malacanang.


Baca juga: (Presiden Jokowi bertolak ke Filipina hadiri KTT ASEAN)


Baca juga: (KTT Asean jadi ajang pertarungan proteksionisme dan neoliberalisme)

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017