Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya sedang memetakan lokasi penyelenggaraan aksi para pekerja untuk merayakan Hari Buruh Internasional (May Day) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada 1 Mei 2017.

"Saat ini sedang dipetakan di Bekasi, Tangerang dan Jakarta," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Jumat.

Argo menyatakan Polda Metro Jaya dan jajaran polres telah menyiapkan rencana pengamanan terhadap aksi elemen buruh tersebut.

Namun sejauh ini, Argo mengatakan, pihak pekerja belum memberitahukan rencana aksi pada 1 Mei tersebut termasuk jumlah massa yang akan berunjuk rasa. Untuk itu, Argo belum dapat menyebutkan kekuatan personel yang akan diturunkan.

Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea menyatakan puncak kegiatan May Day akan digelar di depan Istana Kepresidenan Jakarta Pusat pada Senin (1/5).

Perayaan itu berupa orasi tuntutan buruh kepada pemerintah, kegiatan sosial seperti donor darah, penyemprotan nyamuk demam berdarah dan perlombaan olahraga.

Andi menekankan seluruh buruh harus menjaga kebhinekaan dan ketertiban selama merayakan hari buruh internasional tersebut.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017