Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 20.112 unit kendaraan bermotor masuk ke Kota Bandung melalui Gerbang Tol Pasteur dari pukul 05.00 hingga pukul 16.00 WIB pada Sabtu (29/4).

"Shif pertama dari pukul 05.00 sampai 14.00 WIB kendaraan yang keluar tol Pasteur 155.257 dan Shif kedua hingga pukul 16.00 WIB 4.855 kendaraan," ujar Kepala Shif GT Pasteur Jumiyati di Kantor Jasa Marga GT Pasteur, Sabtu.

Jumiyati menuturkan, jumlah tersebut dapat dikatakan normal, jika dibandingkan dengan libur Lebaran yang bisa mencapai 20.000 unit kendaraan per-shifnya.

Ia melanjutkan, seharusnya puncak arus kedatangan terjadi hari ini, namun dari data yang masuk, jumlahnya tidak terlalu signifikan. Bahkan, terjadi penurunan dibandingkan dengan libur panjang pekan kemarin hingga mencapai 1.000 unit di jam yang sama.

"Harusnya sekarang (puncak kedatangan) tapi jumlahnya normal," kata dia.

Berdasarkan pantauan, dari delapan gardu yang dibuka, setiap antrian hanya mencapai 300 hingga 500 meter. Padahal, jika memasuki libur panjang, antrian bisa berkilo-kilo meter.

"Terbagi sekarang ke Subang lewat Cipali. Selain itu, orang sudah tahu kalau ke Bandung ga hanya lewat tol Pasteur, bisa ke tol Buahbatu, atau Pasirkoja," katanya.

Meski begitu, pihaknya tetap menyiagakan petugas untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan. Selain itu, pihaknya akan mengarahkan kendaraan untuk keluar menuju gerbang tol lain di depan interchange Pasteur.

"Walaupun normal, petugas tetap bersiaga," katanya.

Pewarta: Asep F
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017