Harrisburg, Amerika Serikat (ANTARA News) - Donald Trump pada Sabtu (29/4) menyebut 100 hari pertamanya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) "sangat produktif" dan mengatakan kepada para pendukungnya bahwa "pertarungan besar" menanti di masa mendatang.

Dalam acara bergaya kampanye di Pennsylvania -- negara bagian kunci dalam kemenangannya dalam pemilihan presiden -- Trump mengatakan catatan 100 hari pertamanya "sangat menarik dan sangat produktif" dan menyebut daftar tindakan yang dia sebut sebagai prestasi.

Dia mengatakan bahwa dia sekarang harus "bersiap menghadapi pertempuran hebat dan kita akan memenangkannya."

Kerumunan massa pendukungnya sering menginterupsi pidatonya dengan sorakan "USA!, USA!"

"Jadi saya punya pertanyaan untuk kalian. Kalian sudah mengikuti banyak pawai. Yang pertama-tama, adalah pawai seperti pawai Trump, secara adil," katanya setelah sorakan pendukungnya.

Orang-orang membawa tanda-tanda dengan tulisan seperti "Promises made. Promises kept" (Janji dibuat. Janji dipenuhi).

Trump mengatakan bahwa pencapaian besar dalam 100 hari pertamanya termasuk melihat calon Mahkamah Agung diterima oleh Senat, menarik keluar Amerika Serikat dari kesepakatan perdagangan Kemitraan Trans-Pasifik, meningkatkan pasar saham dan pelonggaran peraturan mengenai eksplorasi energi, demikian menurut warta kantor berita AFP. (hs)

 

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017