Bandung (ANTARA News) - Sejumlah buruh di Kabupaten Garut, Jawa Barat, menggelar jalan santai diselingi dengan penyampaian aspirasi kepada pemerintah dalam memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di Garut, Senin.

Panitia penyelenggara Jalan Sehat May Day Garut Undang Herman mengatakan sengaja menggelar jalan sehat bersama untuk membangun kebersamaan dan menyampaikan aspirasi tanpa ricuh.

"Biar yang demo di Jakarta saja, di Garut mendingan jalan sehat dan dapat hadiah tanpa rusuh," kata Undang.

Ia menuturkan ada ribuan buruh se-Garut yang menggelar aksi Hari Buruh dengan jalan sehat menyusuri sejumlah ruas jalan kota dan berkumpul di Lapangan Kerkof Garut.

Ia menyampaikan sengaja tidak menggelar unjuk rasa dengan turun ke jalan pada peringatan buruh tahun ini.

"Kami tidak melakukan demo sebab pada akhirnya tetap keputusan ada di pemerintah," katanya.

Ia menanggapi positif terkait imbauan pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang aksi Hari Buruh dilaksanakan secara tertib, dan aman.

Meskipun dilaksanakan jalan sehat, kata dia, massa dari buruh yang mau menyampaikan aspirasi dipersilakan menyampaikan langsung kepada pemangku kepentingan di Garut.

"Jadi aspirasi tetap tersampaikan sehingga ancaman rusuh sepertinya boleh dikatakan tidak ada di Garut," katanya.

Seorang buruh yang ikut kegiatan jalan sehat, Deva mengapresiasi kegiatan jalan sehat yang digelar oleh Lembaga Forum Buruh di Garut.

Ia berharap kegiatan olahraga bersama itu dapat menghilangkan citra aksi buruh yang terkesan selalu rusuh menjadi aksi damai.

"Sekarang menjadi demo yang sehat dan santun melalui olah raga," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017