Jakarta (ANTARA News) - Sebagian orangtua menjadi terlalu protektif karena ingin melindungi anak-anak mereka dari kuman, padahal sikap yang demikian bukan hal terbaik bagi kesehatan anak menurut dokter spesialis anak.

Karena ada kalanya anak yang selalu terlindungi dan hidup dalam kondisi higienis menjadi rentan sakit saat terpapar udara atau makanan yang kurang sehat. 

Setiap anak memiliki imunitas sehingga tidak mengapa bila anak "terkena sedikit bakteri". Dokter spesialis anak Ariani Dewi Widodo di Jakarta, Selasa (2/5), mengatakan sistem imunitas anak bisa mengenali berbagai zat asing yang harus dilawan agar tidak menimbulkan penyakit.

Sistem imunitas yang terlatih melawan membuat anak lebih kuat dan tidak mudah tumbang saat berada di kondisi yang tidak sehigienis di rumah.

Salah satu contoh paparan bakteri yang menguatkan anak adalah pada proses melahirkan. Pada persalinan normal, jalan lahir anak penuh kuman, berbeda dengan persalinan caesar yang steril. 

Namun, anak yang dilahirkan normal punya kecenderungan alergi yang lebih rendah ketimbang anak yang lahir dengan operasi caesar menurut Ariani.

Air susu ibu juga mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi anak. "Orangtua memang harus agak tega, jangan terlalu protektif," katanya.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017