Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mengirimkan karangan bunga ke Mabes Polri.

"Saya berterima kasih kepada yang sudah mengirimkan karangan bunga," kata Jenderal Tito di Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

Karangan bunga yang kebanyakan berisi sokongan kepada Polri dan TNI melawan radikalisme dan intoleransi ini, ujar Tito, merupakan bentuk dukungan untuk meningkatkan kinerja mereka demi menjaga NKRI.

"Dukungan ini akan membuat kami lebih komitmen, memotivasi kami untuk melakukan tindakan," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Rikwanto mengatakan tidak hanya di Mabes Polri, sejumlah polda juga mendapat kiriman karangan bunga.

"Di polda juga ada kiriman karangan bunga, di instansi lain juga ada. Pengirimnya jelas warga negara Indonesia yang peduli akan situasi yang terjadi," kata Rikwanto.

Fenomena kiriman karangan bunga berawal di Balai Kota, yang ditujukan untuk Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat setelah hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta mengindikasikan kekalahan mereka.

Aksi memberi dukungan lewat karangan bunga pun kini ditujukan untuk aparat polisi. Ratusan karangan bunga itu berjajar menghiasi sepanjang trotoar Gedung Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

Pengirim karangan bunga umumnya mengucapkan terima kasih serta dukungan mereka terhadap Polri dan TNI yang telah menjaga keutuhan NKRI.


Baca juga: (Warga pilih dini hari swafoto karangan bunga)

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017